Loading...
INDONESIA
Penulis: Kartika Virgianti 20:50 WIB | Senin, 20 Oktober 2014

Jaya Suprana: Syukuran Jokowi Rekor Dunia

Marching band yang mengiringi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menuju acara Syukuran Rakyat Salam 3 Jari di Monas. (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Budayawan Jaya Suprana mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan satu-satunya presiden di seluruh dunia yang dibuatkan syukuran oleh rakyatnya sendiri.

“Syukuran ini akan menjadi rekor dunia, karena Jokowi satu-satunya presiden di dunia yang dibuatkan syukuran oleh rakyat, rekor ini adalah dari rakyat Indo,” ucap Jaya Suprana saat acara ‘Syukuran Rakyat Salam 3 Jari’ di kawasan Monumen Nasional (Monas), Senin 20 Oktober 2014.

Jaya Suprana kemudian menambahkan, rakyat bekerja keras melakukan semua ini, demi harapan yang besar kepada presiden baru mereka.

Seperti diketahui, acara syukuran rakyat diselenggarakan secara saling gotong royong oleh para relawan Jokowi, terutama para seniman tanah air sebagai penggerak rakyat, di antaranya yang bertindak sebagai MC (master of ceremony), M. Farhan dan Olga Lydia, dan juga ada penampilan dari grup band Nidji, Slank, Saykoji, Lilis Karlina, dan banyak artis lainnya yang akan memberikan penampilan sampai sekitar pukul 10 malam ini.  

Sebelumnya, sekitar pukul 18.30 WIB, Jokowi memberikan tiga potongan tumpeng kepada warga yang ia anggap karyanya memberikan kontribusi pofitif serta menginspirasi bagi Indonesia. Tumpeng tersebut diberi nama “Tumpeng Nusantara, karena bumbu pendampingnya berasal dari 34 provinsi di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Potongan pertama Tumpeng Nusantara diberikan kepada Siti Bugiah sebagai simbol pentingnya revolusi mental. Bugiah berprofesi sebagai sopir taksi, dan ia sebagai single parent membesarkan serta menafkahi kedua anaknya.

Potongan kedua Tumpeng Nusantara diberikan kepada tiga Mama Pasar Papua dari Kota Jayapura, yaitu Yuliana Pigay, Miriam Awarawi, Dolfiance Sraun. Ketiga Mama ini merupakan tulang punggung keluarga serta penggerak ekonomi kerakyatan, karena mereka telah memperjuangkan selama 14 tahun penyediaan fasilitas pasar khusus mama-mama Papua yang ingin menjual hasil pertanian di tengah kota.

Yuliana Pigay adalah Koordinator Pedagang Mama Papua, mereka diundang khusus oleh panitia Syukuran Rakyat Salam 3 Jari untuk bertemu dan menerima tumpeng dari Presiden Jokowi.

Potongan ketiga Tumpeng Nusantara diberikan kepada anak negeri yang termuda, Yosephine Monica, siswa peraih olimpiade fisika yang saat ini masih duduk di bangku SMA. Menurut Jokowi, ini sebagai simbol komitmen untuk mendorong anak-anak yang berprestasi dalam bidang sains, supaya tidak pernah berhenti berprestasi untuk membangun negeri.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home