Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 07:36 WIB | Senin, 24 Agustus 2015

Jemaah Haji Diimbau Periksa Paspor Sebelum Berangkat

Ilustrasi. Jemaah haji di Mekkah (Foto: Dok. satuharapan.com)

MEKKAH, SATUHARAPAN.COM – Jemaah haji Indonesia yang belum berangkat diimbau untuk memeriksa kelengkapan dokumen terutama kesesuaian paspor dan visa, sebelum mereka berangkat.

"Kalau  bisa, ketika sampai di embarkasi dan mendapat paspor, jemaah segera mengecek dokumennya. Sesuai atau tidak," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Arsyad Hidayat, usai apel pagi di Mekkah, Arab Saudi, hari Minggu (23/8).

Hal itu dikemukakannya menyusul kejadian tertukarnya empat paspor dan visa jemaah di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kalau tidak (sesuai) segera dilaporkan untuk diteruskan ke Jakarta agar dilakukan perubahan," kata Arsyad.

Ia mengatakan kasus tertukarnya dokumen jemaah pernah terjadi dan bisa diatasi dengan cepat. Dokumen yang tertukar langsung dikirim ke Jakarta dan ditunggu penyelesaiannya di kedutaan.

Setelah selesai, kata dia, dokumen langsung dibawa kembali ke Ujungpandang. Setelah sampai diserahkan ke jemaah haji dan langsung "take off" atau tinggal landas.

"Dokumen itu sangat penting. Pesan kami, dokumen itu harus dijaga dan diperiksa betul sebelum berangkat," kata dia.

Dia akui, mekanisme saat ini jemaah baru menerima paspor saat masuk embarkasi, sebelum keberangkatan. Bahkan ada juga yang baru menerima ketika ada di pesawat. "Ini jadi bahan koreksi buat kami," kata dia.

Dikatakan pula, selama di Arab Saudi, jemaah tidak akan memegang paspor mereka. "Turun dari pesawat, dokumen akan diambil Maktab Wukala. Setelah itu diserahkan ke pengemudi. Dari pengemudi kalau di Madinah diserahkan ke Muassasah Adilla," tuturnya.

Ketika jemaah akan berangkat dari Madinah ke Mekkah, dokumen diserahkan ke pengemudi. Sampai di Jumum (check point) dokumen  diserahkan ke petugas Maktab. Selama di Mekkah, jemaah tidak pegang paspor, hanya dibekali kartu sobekan dokumen administrasi perjalananan haji (Dapih). "Itu satu-satunya dokumen jemaah," kata dia.

Jemaah akan kembali menerima paspor mereka ketika ada di bandara menjelang kembali ke Tanah Air. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home