Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:07 WIB | Rabu, 03 Juni 2020

Jerman: Protes di AS Bisa Dipahami dan Sah

Trump Akan Kerahkan Militer.
Jerman: Protes di AS Bisa Dipahami dan Sah
Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas (Foto: dok. AP)
Jerman: Protes di AS Bisa Dipahami dan Sah
Massa protes di depan Gedung Putih di Washington DC, hari Minggu (31/5). (Foto: Reuters)
Jerman: Protes di AS Bisa Dipahami dan Sah
Presiden AS, Donald Trump, meninggalkan Gedung Putih dengan berjalan kaki ke Gereja Episkopal St John di seberang Lafayette Park, di Washington DC, pada hari Senin (1/6/2020). (Foto: AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Jerman, Heiko Maas, menggambarkan protes yang menyebar di Amerika Serikat setelah kematian seorang kulit hitam dalam tahanan polisi dapat dimengerti dan sah. Pihak berwenang di sana harus bertindak untuk mendukung kebebasan pers.

"Protes damai yang kita lihat di AS, yang melibatkan banyak gerakan, termasuk oleh petugas polisi Amerika, dapat dipahami dan lebih dari sah," katanya dalam konferensi pers, hari Selasa (2/6).

"Saya hanya bisa mengungkapkan harapan bahwa protes damai tidak berubah menjadi kekerasan, dan bahkan lebih banyak harapan bahwa mereka akan berdampak," tambahnya.

Dia mengatakan akan menghubungi pihak berwenang AS atas laporan bahwa kru dari penyiar media Jerman, Deutsche Welle, berada di bawah tembakan polisi saat melaporkan protes di Minneapolis.

"Wartawan harus dapat melakukan pekerjaan mereka, yaitu melakukan pelaporan independen, dengan aman," katanya. "Negara-negara demokratis yang diatur oleh hukum harus menerapkan standar tertinggi dalam melindungi kebebasan pers."

Trump Akan Kerahkan Militer

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berjanji untuk memerintahkan militer dengan tindakan keras terhadap protes kekerasan sekali dalam satu generasi yang mencengkeram Amerika Serikat. Dia mengatakan ia mengirim ribuan tentara ke jalan-jalan ibu kota dan mengancam akan mengerahkan tentara ke negara-negara bagian yang tidak dapat mendapatkan kembali kendali.

Peningkatan dramatis terjadi sepekan setelah kematian George Floyd di Minneapolis, seorang pria kulit hitam tak bersenjata yang terbunuh ketika seorang perwira polisi kulit putih berlutut di lehernya. Kasus itu menyebabkan kerusuhan sipil terburuk dalam beberapa dasawarsa di New York, Los Angeles dan puluhan kota lainnya di AS.

Setelah dikritik karena diam atas krisis yang memburuk, Trump memukul nada bela diri di pidato nasional pada hari Senin (1/6) dari taman di Gedung Putih, ketika polisi menembakkan gas air mata pada pengunjuk rasa damai di luar pagar.

"Saya mengirim ribuan dan ribuan tentara yang bersenjata lengkap, personel militer dan petugas penegak hukum untuk menghentikan kerusuhan, penjarahan, perusakan, penyerangan, dan perusakan properti secara tidak sah," kata Trump.

Dia mengecam kerusuhan malam sebelumnya di Washington sebagai "aib total" dan meminta gubernur untuk "menguasai jalan-jalan."

"Jika sebuah kota atau negara menolak untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan dan properti penduduk mereka, maka saya akan mengerahkan militer Amerika Serikat dan dengan cepat menyelesaikan masalah bagi mereka," katanya, dan mengecam "aksi teror domestik."

Terlepas dari retorika presiden, protes hari Senin (1/6) tampaknya sebagian besar damai di kota-kota besar, meskipun beberapa penjarahan dilaporkan terjadi di New York dan Los Angeles. New York kemudian pada hari Selasa (2/6) memberlakukan jam malam.

Namun, dalam pidatonya, penegak hukum termasuk polisi militer menggunakan gas air mata untuk membubarkan para pengunjuk rasa di luar Gedung Putih sehingga presiden dapat berjalan di seberang jalan ke Gereja St. John yang berusia dua abad. Kawasan itu diwarnai dengan grafiti, dan sebagian terbakar selama kerusuhan pada hari Minggu.

"Kita memiliki negara yang hebat," kata Trump ketika dia berdiri di depan jendela gereja yang ditutup, mengangkat sebuah Alkitab dan berpose untuk foto-foto. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home