Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 08:42 WIB | Senin, 02 Juni 2014

Jokowi akan Sowan Sultan HB X

Sultan Hamengkuwono X. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kandidat presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan sowan menemui Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen.

Sri Sultan HB X membenarkan rencana kunjungan Jokowi tersebut. “Iya besok Jokowi akan datang berkunjung. Kemarin surat sudah masuk, besok saya akan menerima Pak Jokowi,” kata Sultan usai menghadiri Seminar Nasional Kedaulatan Pangan di Jakarta, Minggu sore (1/6).

Sultan mengatakan kedatangan Jokowi bersama cawapres Jusuf Kalla ke Keraton Kilen itu tidak ada agenda khusus. Jokowi hanya akan bersilaturahmi. “Tidak ada agenda khusus hanya silaturahmi saja,” katanya.

Meski Sultan tidak menyatakan dukungannya pada Jokowi namun dia mengisyaratkan kriteria presiden pilihannya haruslah yang mengabdi untuk rakyat.

Selain itu, Sultan juga mengingatkan agar presiden terpilih pada Pemilu Presiden 9 Juli mendatang tetap menyatakan perang terhadap tindak korupsi kolusi dan nepotisme (KKN).

“Siapa pun Presidennya nanti, tetap harus melanjutkan proses reformasi mengikis habis KKN sampai keakar-akarnya, yang oleh Bung Karno disebut sebagai retooling of the future, sebab KKN itu sampai sekarang masih hidup subur,” kata Sri Sultan.

Dijadwalkan, Jokowi akan melakukan berbagai pertemuan dengan masyarakat di Yogyakarta di antaranya

melakukan kunjungan ke Malioboro dan Pasar Beringharjo, ziarah ke Makam Panglima Besar Jenderal Sudirman, pertemuan dengan seniman dan budayawan dan dialog dengan masyarakat di Gedung PDHI.

Selain itu Jokowi juga akan melakukan silaturahmi dan rakorwil dengan PW GP Ansor DIY di Ponpes Sunan Pandanaran di Sleman.

Rahasia

Meski sama-sama anggota Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Sri Sultan Hamengkubono X tidak mau mengungkapkan siapa yang akan didukungnya nanti pada Pilpres 9 Juli 2014.

“Biar pun Jokowi alumni, Pilpres kan rahasia, nanti saya dicap yang enggak-enggak kalau bilang menentukan pilihan. Saya tidak condong ke mana-mana, nanti saja lihat di TPS 9 Juli,” kata.

Jokowi akan terbang ke Jogjakarta untuk sowan Ngarso Dalem, namun Sultan enggan mengomentari detil pertemuannya dengan Jokowi itu. “Wong dia yang kirim surat mau sowan saya, tanya saja sama beliau. Masa calon presiden saya tolak mau ketemu?” kata dia.

Namun Sultan mengisyaratkan kriteria presiden pilihannya bahwa dia akan memilih presiden yang hanya mengabdi untuk rakyat. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home