Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 14:17 WIB | Selasa, 30 April 2024

PBB Selidiki 14 Staf Bantuan UNRWA Gaza Yang Terkait dengan Serangan Hamas

Sebuah gambar yang diambil selama tur media yang diselenggarakan oleh tentara Israel pada tanggal 8 Februari 2024, menunjukkan tentara Israel di dalam kompleks pengungsian UNRWA di Kota Gaza. (Foto: dok. AFP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Penyelidik PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) sedang menyelidiki tuduhan terhadap 14 dari 19 staf badan bantuan PBB untuk Palestina yang Israel klaim terlibat dalam serangan militan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang terbaru di Gaza, kata seorang juru bicara pada Jumat (25/4).

Pengumuman juru bicara PBB, Stephane Dujarric, memberikan informasi pertama mengenai penyelidikan yang diperintahkan oleh Sekretaris Jenderal Antonio Guterres.

Pengawas internal PBB – Kantor Layanan Pengawasan Internal – sedang melakukan penyelidikan menyusul tuduhan awal Israel pada bulan Januari.

Badan pengawas tersebut, yang dikenal sebagai OIOS, melaporkan bahwa dari 19 tuduhan terhadap staf badan UNRWA, satu kasus ditutup karena Israel tidak memberikan bukti dan empat lainnya ditangguhkan karena kurangnya bukti yang cukup, kata Dujarric.

PBB diberitahu pada bulan Januari mengenai tuduhan Israel bahwa 12 pegawai badan yang dikenal sebagai UNRWA telah mengambil bagian dalam serangan 7 Oktober di Israel selatan, ketika Hamas dan militan Palestina lainnya membunuh sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

Agensi pada saat itu telah memutuskan kontrak semua karyawan tersebut.

Dujarric mengatakan PBB kemudian menerima tuduhan tambahan dari Israel mengenai tujuh staf UNRWA – lima pada bulan Maret dan dua pada bulan April.

Tinjauan terpisah dan independen mengenai netralitas UNRWA dipimpin oleh mantan Menteri Luar Negeri Prancis, Catherine Colonna, dilakukan pada hari Senin.

Dikatakan bahwa Israel belum pernah menyatakan keprihatinannya terhadap siapa pun yang ada dalam daftar staf yang diberikan UNRWA kepada Israel setiap tahun sejak 2011.

UNRWA memiliki 32.000 staf di Lebanon, Suriah, Yordania dan wilayah Palestina, termasuk 13.000 di Gaza yang memberikan pendidikan, layanan kesehatan, makanan dan layanan lainnya kepada beberapa juta warga Palestina dan keluarga mereka.

Kepala badan tersebut, Philippe Lazzarini, mengatakan pada hari Selasa bahwa hampir 180 staf UNRWA tewas dalam serangan Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, sekitar dua pertiga dari mereka adalah anak-anak dan perempuan, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza yang tidak membedakan antara warga sipil dan pejuang.

Tuduhan awal Israel menyebabkan penangguhan sumbangan kepada UNRWA oleh Amerika Serikat, donor terbesarnya, dan lebih dari selusin negara lainnya, sehingga menyebabkan jeda pendanaan senilai sekitar US$450 juta, menurut laporan Colonna.

Sejumlah negara telah melanjutkan kontribusinya, namun Kongres AS telah menangguhkan dana untuk lembaga tersebut hingga Maret 2025.

Dujarric pada hari Jumat (26/4) menegaskan kembali seruan Guterres kepada para donor untuk mendukung UNRWA dengan murah hati. Lazzarini, komisaris jenderal badan tersebut, mengatakan UNRWA memiliki cukup dana untuk beroperasi hanya sampai bulan Juni. Dujarric menekankan bahwa UNRWA telah merilis informasi asli tentang tuduhan Israel dan menyerukan peninjauan independen atas netralitasnya.

Laporan setebal 48 halaman dari Colonna mengatakan UNRWA memiliki prosedur yang “kuat” untuk menegakkan prinsip netralitas PBB, namun menyebutkan adanya kesenjangan serius dalam implementasinya.

Mereka membuat 50 rekomendasi untuk meningkatkan netralitas UNRWA, yang mana Guterres dan Lazzarini telah berjanji untuk menerapkannya.

Dujarric mengatakan OIOS belum memberikan indikasi kapan penyelidikan terhadap 14 staf tersebut akan selesai, dan dia juga tidak merinci tuduhan tersebut. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa penyelidik OIOS telah bertemu dengan pihak berwenang Israel dan akan berkunjung lagi pada bulan Mei.

“Diskusi ini terus berlanjut dan… telah memungkinkan kemajuan dalam penyelidikan,” katanya.

Dari 12 kasus awal, delapan kasus masih dalam penyelidikan, katanya. Tiga kasus telah ditangguhkan dan satu staf telah dibebaskan. PBB “sedang menjajaki tindakan korektif pemerintahan,” kata Dujarric.

Lazzarini dari UNRWA mengatakan pada hari Selasa bahwa siapa pun yang dinyatakan lolos oleh OIOS akan diterima kembali.

Dari tujuh kasus tambahan yang menjadi perhatian PBB setelah bulan Januari, Dujarric mengatakan enam kasus masih dalam penyelidikan dan satu kasus telah ditangguhkan sambil menunggu informasi tambahan. (AP/ Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home