Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:52 WIB | Jumat, 24 Agustus 2018

Jokowi Menghargai Komitmen Idrus Marham Hadapi Masalah Hukum

Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Agus Gumiwang Kartasasmita, yang baru dilantiknya sebagai Mensos, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8) sore. (Foto: OJI/Humas/Setkab)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima pengunduran diri Idrus Marham dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) karena ingin fokus menghadapi permasalahan hukum dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya harus sampaikan apa adanya, saya menghargai, komitmen Pak Idrus Marham kesatria menghadapi masalah hukum,” kata Presiden kepada wartawan usai pelantikan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial, di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8) sore.

Mengenai pelantikan Ketua DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, sebagai Mensos menggantikan Idrus Marham, Presiden Jokowi menerangkan hal itu dilakukan karena di Kementerian Sosial ada hal yang sangat urgen, yaitu penanganan pascabencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Oleh sebab itu, segera kita putuskan juga penggantinya. Tadi saya minta ketua Golkar Pak Erlangga Hartarto untuk bisa menugaskan Pak Agus Gumiwang untuk menjadi Menteri Sosial,” ungkap Presiden.

Menurut Presiden, pemilihan Agus Gumiwang karena kapasistasnya. Selain itu, tugas Agus di DPP Golkar, juga berkaitan dengan masalah kesejahteraan.

“Saya kira pilihan kita tidak jauh jauh meleset,” ucap Presiden.

Presiden Jokowi meminta Agus segera menyelesaikan masalah-masalah yang ada di NTB, dan masalah masalah yang berkaitan dengan persiapan penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) di 2019. “Itu saja engga banyak-banyak,” tegasnya.

Sementara terkait kasus hukum yang membelit Idrus Marham di KPK, Presien Jokowi mengakui menghargai  yang menjadi wilayah kewenanganan KPK. 

Presiden melantik Ketua DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita, sebagai Menteri Sosial (Mensos), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/8) sore. Agus  menggantikan Idrus Marham yang mengundurkan diri dari jabatannya untuk berkonsentrasi menghadapi masalah hukum dirinya di KPK.

Agus dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 148/P/2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Kerja sisa masa jabatan 2014-2019, tertanggal 24 Agustus 2018.

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan Agus Gumiwang, dan menandatangani berita acara sumpah jabatan. Selanjutnya, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Agus Gumiwang, diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan para pejabat yang hadir dalam pelantikan tersebut.

Tampak hadir dalam pelantikan tersebut Mensesneg Pratino, Seskab Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani Indrawati, Menperin Airlangga Hartarto, Menaker Hanif Dhakiri, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menkes Nila F. Moeloek, Panglima TNI Marsekal Hadji Tjahjanto, dan Ketua DPD-RI Oesman Sapta. (Setkab)

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home