Loading...
SAINS
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 12:54 WIB | Rabu, 12 Juni 2013

Juara Robotik, PENS Melaju ke Vietnam

Robot-robot sepak bola kreasi beberapa universitas peserta Kontes Robotik Indonesia 2013. (dok. Tempo)

SEMARANG, SATUHARAPAN.COM - Nama Indonesia akan kembali diharumkan lewat bakat-bakat luar biasa mahasiswa dalam bidang robotik. Buktinya adalah kemenangan yang diraih Mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), yang baru saja diumumkan sebagai juara umum tingkat nasional pada final Kontes Robot Indonesia 2013.

Kontes ini diselenggarakan di GOR Jatidiri, Jatingaleh, Semarang yang berlangsung dari tanggal 8 hingga 10 Juni kemarin dan PENS menuju juara umum dengan menyingkirkan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya pada posisi ke-2. Sementara Politeknik Negeri Batam meraih juara ke-3 dalam kontes tersebut dan tuan rumah acara kontes, Universitas Dian Nuswantoro hanya berhasil mengantongi piala juara harapan.

Kemenangan ini akan membawa mahasiswa PENS ke ajang Kontes Robot tingkat Asia yang akan diadakan di Vietnam pada Agustus 2013 mendatang.Seleksi Kontes Robot Indonesia ini diselenggarakan mulai tingkat regional sejak 21 Januari 2013.

Berbagai kategori yang dipertandingan dalam kontes ini juga beragam, mulai dari Robot Sepak Bola, Robot Menari dan Robot Pemadam Api. Pertandingan robot sepak bola berjalan agak lamban kaerna satu tim yang hanya terdiri dari tiga robot harus berebut bola di atas lahan seluas 2 x 2,5 meter. Robot-robot ini digerakkan dengan menggunakan sensor yang telah diprogram untuk mengincar bola berwarna oranye.

Universitas Tarumanegara, Jakarta berhasil meraih juara ke-2 untuk kategori robot pemadam api divisi berkaki. Sementara posisi ke-1 untuk kategori ini diraih oleh Politeknik Negeri Bandung serta posisi ke-3 oleh ITS.

Di samping itu, pada kategori robot menari, Universitas Indonesia meraih juara ke-2, disusul oleh STIMIK Rahmawati Tarakan pada posisi ke-3. Juara pertama diberikan kepada Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Ketua Komunitas Robot Indonesia kepada Antara mengatakan bahwa kontes robot tahunan ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk terus berkompetisi dan berprestasi. "Lewat kompetisi seperti ini, dapat terbuktu bahwa bangsa Indonesia mampu bersaing dengan negara lain terutama dalam bidang teknologi robotika," tuturnya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home