Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 16:43 WIB | Senin, 26 November 2018

Kellaba Madja NTT Raih Penghargaan Surga Tersembunyi

Obyek wisata Kelabba Maja di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT dinobatkan sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler, dan meraih juara I dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. (ANTARA Foto/istimewa)

KUPANG, SATUHARAPAN.COM - Destinasi wisata Kellaba Madja di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), berhasil meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018.

"Dari tujuh kategori di NTT yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2018, hanya satu kategori yang mendapatkan penghargaan yakni Kellaba Madja di Kabupaten Sabu Raijua," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Welly Rohimone di Kupang, Senin (26/11).

Destinasi wisata Kellaba Madja menerima penghargaan untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, katanya menjelaskan.

"API tahun ini NTT diwakili oleh Sabu Raijua sebagai pemenang dalam kategori Surga Tersembunyi. Meskipun hanya satu wakil NTT dalam API tahun ini, tapi kami mengharapkan dapat menjadi semangat bagi Sabu Raijua dalam mengembangkan destinasinya," katanya.

Mengenai dukungan pemerintah pusat, dia mengatakan, hanya Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua yang mengetahui bentuk dukungan dari pemerintah pusat dalam mengembangkan destinasi wisata Kellaba Madja.

"Kami hanya menerima piala, tetapi dukungan pemerintah pusat diserahkan langsung kepada Plt. Bupati Sabu Raijua yang hadir bersama menerima penghargaan," katanya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia(Asita) NTT, Abed Frans secara terpisah mengatakan penghargaan terhadap destinasi wisata Kallaba Madja ini merupakan momentum bagus karena memang selama ini Sabu Raijua belum banyak dikenal.

Dia mengatakan dengan menjadi pemenang kategori Surga Tersembunyi ini paling tidak dapat mempromosikan Sabu ke jenjang yg lebih luas lagi.

"Siap atau tidak, Sabu sekarang sudah mulai dikenal masyarakat Indonesia," katanya

Tinggal bagaimana pemerintah daerah setempat menggunakan momentum tersebut untuk menata dan membangun pariwisata di Sabu Raijua, kata Alber Frans.

Obyek wisata Kelabba Maja di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT dinobatkan sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler, dan meraih juara I dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. (ANTARA Foto/istimewa)

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua telah menerima undangan dari penyelenggara kegiatan untuk menerima penghargaan tersebut di Jakarta dalam bulan ini.

"Obyek wisata kami Kellaba Maja telah meraih juara pertama API 2018 untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler," kata Penjabat Bupati Sabu Raijua Nikodemus Rihi Heke ketika dihubungi Antara dari Kupang, Jumat (16/11).

Nikodemus mengapresiasi raihan juara tersebut dan menurutnya akan memberikan dampak positif bagi perkembangan dan promosi pariwisata di Sabu Raijua.

"Kami, pemerintah dan masyarakat berterima kasih dan bersyukur bahwa ternyata Kellaba Maja semakin dikenal orang. Ini tentu akan menguntungkan daerah kami," katanya.

Menurutnya, ajang API 2018 menjadi pintu masuk promosi obyek wisata secara cuma-cuma dengan melibatkan berbagai kalangan masyarakat secara langsung melalui vote.

Perolehan juara ini, lanjutnya, menunjukkan bahwa turis domestik dan mancanegara sudah mengetahui objek wisata Kellaba Maja yang terkenal dengan bukit warna warni atau batu keseimbangan itu.

"Kami yakin ke depan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Sabu Raijua karena daya tarik objek wisata Kellaba Maja ini sudah banyak diketahui orang," katanya.

Nikodemus menambahkan, selanjutnya, pemerintah daerah akan terus melakukan berbagai persiapan terutama infrastruktur pendukung seperti akses jalan menuju lokasi wisata tersebut.

"Akses jalan sementara diperbaiki, bahkan sudah dari awal sebelum ajang API ini. Selain itu masyarakat di sekitar Kellaba Maja juga sudah mulai menata destinasi tersebut," katanya. 
 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home