Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 15:43 WIB | Senin, 03 Desember 2018

Kemenag Kaltim Gelar Kemah Pemuda Lintas Agama

Peserta Kemah Pemuda Lintas Agama (Pelita) di Samarinda Kaltim. (Foto : kemenag.go.id)

SAMARINDA, SATUHARAPAN.COM – Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Timur bekerja sama dengan majelis-majelis agama dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kaltim, menggelar Perkemahan Pemuda Lintas Agama (Pelita).

Gelaran Kemah Pelita ini berlangsung tanggal 28 -30 November 2018, dengan mengusung tema “Membumikan Toleransi dan Kerukunan antar-Umat Beragama dalam Bingkai NKRI”.

“Salah satu tujuan kemah pelita ini kiranya dapat menumbuhkembangkan solidaritas persaudaraan dalam kebangsaan dan masyarakat,” kata Abd Hamid saat memberikan laporan mewakili Kakanwil Kaltim Sofyan Noor, di Simpang Pesisir, Palaran, Kaltim, Jumat (30/11), seperti dilaporkan Muh Syahrir, Kasubag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Kaltim, yang dilansir kemenag.go.id.

Kemah ini, seperti disampaikan Hamid, menjadi sarana untuk mensosialisasikan moderasi beragama di masyarakat.

“Pemuda lintas agama berkumpul di sini, mereka berbaur, sehingga dapat belajar meningkatkan kesadaran saling menghargai dalam kemajemukan dan perbedaan,” ujar Hamid.

Peserta Kemah Pelita berjumlah 354 orang, terdiri atas perwakilan Provinsi Kaltara empat orang, perwakilan kabupaten/kota dan Provinsi Kaltim 60 orang, lembaga keagamaan 62 orang, serta perawakilan madrasah/ponpes sebanyak 138 orang.

Hamid menjelaskan, selain kemah, banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh para pemuda lintas agama ini. Selain penyampaian materi, juga ada FGD, dinamika kelompok, api unggun, game, pergelaran seni, serta kunjungan ke tiga rumah ibadah, yakni musala, gereja, dan pura.

“Jadi total keseluruhan kegiatan ini diikuti  oleh 625 orang dari perwakilan lintas agama,” jelas Hamid.

Hamid berharap, kegiatan ini dapat memberi pencerahan kepada pemuda lintas agama tentang menjaga dan memelihara trilogi kerukunan.  “Selain gelaran kemah pemuda lintas agama, juga akan dilakukan peresmian kelurahan sadar kerukunan tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2018,” Hamid menambahkan.

Editor : Sotyati

Back to Home