Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:43 WIB | Kamis, 23 Oktober 2014

Kementerian PU Siap Tawarkan Investasi 5 PDAM di IIICE

Kementerian PU siap tawarkan investasi 5 PDAM di IIICE. (Foto: pu.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum,  akan menawarkan peluang investasi lima Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) melalui Business to Business (B to B) dan Kerjasama Pemerintah Swasta. Rencananya peta promosi investasi tersebut akan dipamerkan di ajang Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) yang akan dilaksanakan pada 5-7 November 2014 di Jakarta Covention Centre (JCC).

“Melalui peta ini, para investor dapat dengan mudah menemukan potensi apa saja yang dimiliki lima PDAM tersebut. Calon investor dapat  memilih data yang ingin diketahui dari PDAM-PDAM itu,” papar Sekretaris Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian PU, Rina Agustin, dalam laman resmi BPPSPAM.

Kelima PDAM itu yakni PDAM Kabupaten Gresik, PDAM Kota Depok, PDAM Kabupaten Serang,  PDAM Semarang Barat, dan PDAM Kepulauan Riau. Dipilihnya lima PDAM tersebut setelah melalui serangkaian tahapan yang disiapkan BPPSPAM.

Menurutnya, saat ini BPPSPAM berkonsentrasi mempromosikan PDAM yang siap ditawarkan kepada investor. Peran yang dilakukan BPPSPAM terkait B to B dan KPS ini adalah, melakukan pendampingan terhadap PDAM mengenai beberapa hal seperti persiapan studi kelayakan dan capacity building  tim dari PDAM yang akan menindaklanjuti proyek yang diinginkan investor tersebut.

“Pada saat investor berminat tinggal ditawarkan, seperti PDAM Serang sudah siap pengadaan. Kita seleksi betul terutama dari segi persiapan Sumber Daya Manusia PDAM,” lanjutnya.

Dengan tampilan informasi yang menarik yang disiapkan BPPSPAM melalui Peta Promosi Investasi di ajang IIICE nanti, Rina berharap  para investor dapat tertarik pada proyek yang ditawarkan seperti pengembangan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan reservoir. Dalam forum IIICE tersebut akan ada waktu khusus yang disiapkan BPPSPAM untuk mempertemukan para investor dengan 5 PDAM tersebut.

“Bila investor ingin menggali informasi lebih dalam lagi, kita siapkan tempat bagi investor dan PDAM yang diminati investor itu. Jadi pertemuan dua belah pihak saja, sehingga lebih detil pembicaraannya,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Depok M. Olik Abdul Holik menyambut baik upaya yang dilakukan BPPSPAM dalam membantu PDAM nya untuk dapat ditawarkan kepada para investor, melalui peta promos investasi ini. Melalui IIICE, para investor mendapat informasi yang utuh mengenai potensi yang dimiliki PDAM.

“Dalam peta investasi ini kita juga akan menambahkan data mengenai peraturan daerah yang berhubungan dengan air, dan potensi investasi yang telah dikeluarkan pemerintah daerah Kota Depok yang sudah melalui proses di dewan,“ tambahnya.

Saat ini menurutnya sudah ada beberapa investor yang berminat untuk menanamkan modalnya di PDAM Kota Depok. Penjajakan yang dilakukan dengan investor tersebut menurutnya akan diperjelas dengan pertemuan yang disiapkan BPPSPAM dalam acara IIICE tersebut. (pu.go.id)

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home