Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:44 WIB | Rabu, 19 Februari 2014

Korea Utara Tahan Misionaris Australia

Korea Utara Tahan Misionaris Australia
Pyongyang, ibu kota Korea Utara. (Foto: wikipedia.org)
Korea Utara Tahan Misionaris Australia
Jang Song Thaek, paman Kim Jong Un, yang ditangkap dan dihukum mati. Diberitakan eksekusi dilakukan dengan kejam. (Foto: Ist)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM - Seorang penginjil asal  Australia, John Short (75 tahun), ditahan  di Korea Utara karena mendistribusikan pamflet Kristen berbahasa Korea.  Demikian dikatakan istrinya kepada kantor berita AFP, hari Rabu (19/2).

Short bekerja dengan misi yang berbasis di Hong Kong. Dia ditangkap di hotel Pyongyang pada hari Senin (17/2) oleh biro keamanan publik Korea Utara yang sebelumnya  mengunjungi pada Minggu malam.

"Dia tiba Sabtu pagi dari Beijing" sebagai bagian dari perjalanan yang diatur oleh kantornya, kata Karen, istrinya kepada AFP di Hong Kong.

"Pada hari Senin mereka (petugas) datang, sekitar pukul 07:00," kata dia, menambahkan bahwa Korea Utara mengatakan kepada suaminya dan rekannya dari China bahwa mereka akan dibawa ke bandara dan dideportasi. Namun "John tidak pernah tiba (di bandara)."

Tidak Ada Hubungan Diplomatik

Departemen Luar Negeri Australian mengatakan bahwa  pihaknya sedang menangani kasus tersebut melalui kedutaan Swedia di Pyongyang yang mewakili kepentingan Australia. Sebab, keduanya tidak memiliki hubungan diplomatik.

"Kami dalam kontak dengan para pejabat Swedia di Pyongyang untuk meminta bantuan mereka dalam mengkonfirmasikan keselamatn Short dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut," kata juru bicara departemen itu.

Namun  Karen tidak yakin pengaruh pemerintah Australia untuk keselamatan suaminya. "Saya tidak tahu apakah mereka dapat berbuat banyak," kata dia.

Kecurigaan Membantu Pelarian

Meskipun kebebasan beragama yang dilindungi dalam konstitusi Korea Utara, hal itu tidak ada dalam praktik. Kegiatan keagamaan sangat terbatas untuk secara resmi hanya untuk kelompok yang diakui oleh pemerintah.

Pyongyang memandang misionaris asing sebagai elemen durhaka yang berniat mengobarkan kerusuhan. Mereka  yang melakukan kegiatan langsung ditangkap.

Kecurigaan Korea Utara didorong oleh kegiatan beberapa misionaris Korea Selatan yang berbasis di China yang merupakan bagian dari jaringan yang membantu  warga Korea Utara melarikan diri melalui negara ketiga untuk menuju ke Korea Selatan.

Korea Utara juga menahan warga Amerika Serikat, Kenneth Bae, yang disebutkan oleh pengadilan Korea Utara sebagai penginjil Kristen militan.

Dia ditangkap pada bulan November 2012 dan kemudian dijatuhi hukuman 15 tahun kerja paksa atas tuduhan berusaha menggulingkan pemerintah.

Keprihatinan pada Rakyat Korut

Short telah tinggal di Asia selama sekitar 40 tahun. John Pendek membeli  rumah penerbitan Kristen di Hong Kong bersama istrinya sekitar 15 tahun lalu. Penerbit itu mendistribusikan kalender, Alkitab dan traktat dalam bahasa China dan bahasa lainnya.

Karen Short mengatakan, suaminya pergi ke Korea Utara  didorong oleh penderitaan rakyat  di sana. "Dia tahu Korea Utara bukan tujuan wisata, tapi dia peduli tentang orang-orangnya  dan dia ingin membantu," kata dia.

Kunjungan itu adalah kali kedua bagi suaminya, kata Karen Short, setelah yang pertama  awal tahun  lalu sebagai bagian dari tur yang teratur.

Penangkapan Short ini dilakukan hanya tiga hari setelah sebuah laporan PBB  tentang pelanggaran hak asasi manusia di Korea Utara yang memukul keras negara itu. Laporan itu disusun oleh tim yang dipimpin oleh seorang mantan hakim Australia. Laporan menguraikan kejahatan terhadap kemanusiaan di Korea Utara, termasuk pembunuhan massal, perbudakan dan kelaparan.

Laporan itu juga merekomendasikan bahwa pemimpin Korea Utara (Kim Jong-un) harus dibawa ke Mahkamah Pidana Internasional.

Sejauh ini, Korea Utara menolak bekerja sama dengan Komisi  HAM PBB, dan mengklaim bahwa bukti-bukti itu  dibuat oleh kekuatan musuh.

Selain itu, terkait konflik politik dan kekuasaan, Kim Jong-Un juga menghukum mati pamannya sendiri, jang Song Thaek, dan mengeksekusi dengan cara kejam. Selain itu, keluarga Jang juga ditangkap dan dihukum.(AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home