Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:13 WIB | Jumat, 09 Mei 2014

Lagi, "Noah" Ditolak Tayang di Tiongkok

Russell Crowe dan Jennifer Connelly dalam film Noah. (Foto: latimes.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Pihak berwenang Tiongkok menolak memberikan izin penayangan film ‘Noah’ yang dibintangi Russell Crowe, seperti diungkapkan seorang narasumber. Film itu sebelumnya sudah dilarang tayang di sejumlah negara Muslim termasuk Indonesia.

Studio film Paramount Pictures sebelumnya sudah berupaya memperoleh izin penayangan film itu di pasar perfilman Tiongkok dengan menekankan “pesan mengenai lingkungan” dan berbagai efek khusus yang ditawarkan ‘Noah’, menurut laporan Los Angeles Times Kamis (8/5).

Namun, memperoleh izin dari otoritas perfilman Tiongkok bagi film yang diadaptasi dari kisah Alkitab tersebut bukan perkara yang mudah, mengingat sensitivitas Beijing terhadap isu-isu agama.

Seorang narasumber terkait mengatakan kepada AFP bahwa film tersebut “tidak akan diputar di Tiongkok”, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

‘Noah’, yang merajai box office Amerika Utara ketika dirilis pada Maret silam, dilarang tayang di Bahrain, Indonesia, Malaysia, Qatar, Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya.

Los Angeles Times mengutip seorang narasumber yang menyatakan bahwa ‘Noah’ kemungkinan dilarang diputar di bioskop-bioskop Tiongkok karena alasan komersial, pasalnya beberapa film besar Hollywood akan dirilis di negara itu dalam beberapa pekan mendatang.

Film tersebut juga menuai kecaman dari beberapa institusi Kristen di Amerika Serikat atas penggambaran Nabi Nuh yang tidak wajar. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home