Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 16:12 WIB | Kamis, 28 Mei 2015

Lagi, Perempuan Tibet Bakar Diri di Tiongkok

Biara Choparshing di provinsi Gansu, Tiongkok, tempat seorang ibu Tibet membakar dirinya dalam aksi protes. (Foto: voaindonesia)

TIBET, SATUHARAPAN.COM - Seorang ibu asal Tibet membakar diri, Rabu (27/5), untuk memprotes kebijakan represif Tiongkok terhadap warga Tibet.

Sangye Tso, 36, membakar diri di depan sebuah bangunan keamanan dan pendidikan Tiongkok di dalam kompleks biara Choparshing di provinsi Gansu, Tiongkok.

Menurut para sumber, polisi tiba dalam waktu beberapa menit setelah insiden dimulai dan membawa pergi ibu dua anak itu. Tidak jelas apakah Sangye Tso dalam keadaan hidup sewaktu dibawa ke tahanan.

Dalam kasus-kasus pembakaran diri belakangan ini, para demonstran yang dibawa pergi masih hidup. Pihak berwenang kemudian memberitahu keluarga mereka keesokan harinya bahwa anggota keluarga itu telah meninggal dan dikremasi pada malam harinya.

Warga Tibet menganggap praktik ini sebagai semacam hukuman karena pihak berwenang merampas kesempatan keluarga itu untuk mengkremasi anggota keluarganya sesuai dengan tradisi Tibet.

Telah lebih dari 140 aksi protes membakar diri di wilayah-wilayah Tibet sejak tahun 2009, tetapi protes semakin berkurang frekuensinya dalam beberapa bulan ini, setelah diterapkannya denda dan hukuman lain bagi keluarga dan orang-orang lain yang memiliki hubungan erat dengan pelaku aksi membakar diri.

Sebelumnya, seorang perempuan Tibet melakukan bakar diri hingga meninggal --kejadian pertama pada tahun ini-- sebelum ulang tahun pemberontakan Tibet yang gagal terhadap kekuasaan Tiongkok, kata kelompok hak asasi manusia dan media.

Perempuan berusia 40-an tahun yang hanya disebut Norchuk, membakar diri pada Jumat (6/3) di dekat kota Trotsuk di distrik Aba di provinsi baratdaya, Sichuan, kata kelompok Free Tibet, yang berkantor di Inggris, dan Radio Free Asia (RFA), yang didanai Amerika Serikat. (voaindonesia)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home