Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:40 WIB | Selasa, 09 Juni 2020

Layanan Kafe Shisha di London? Ini Tidak Seperti Yang Terlihat

Sebuah foto tentang kafe shisha di London, Inggris, yang tampaknya melayani jarak jauh bagi para pengemudi telah dibagikan secara online dan puji sebagai inovasi cara Arab untuk melawan langkah-langkah kesehatan menghadapi virus corona, tetapi yang sebenarnya tidak seperti yang terlihat di foto. (Foto: dari Twitter)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Sebuah foto tentang kafe shisha di London yang melayani permintaan jarak jauh bagi para pengemudi telah disebarkan secara online dan dipuji sebagai inovasi ala Arab untuk melawan langkah-langkah kesehatan menghadapi virus corona.

Namun penyelidikan oleh media Arab News mengungkapkan bahwa semua itu kemungkinan tidak seperti yang terlihat di foto. Pengguna Twitter mengomentari gambar itu, yang menunjukkan tiga mobil berbaris di trotoar dengan pipa shisha keluar dari jendela. Dan dengan cepat mengidentifikasi ruang tunggu yang dimaksud: Shishawi, di Edgware Road di London pusat.

Arab News mengunjungi situs itu, di mana staf menyangkal pernah melayani shisha ke mobil selama penutupan, dan mengatakan mereka tidak akan melayani shisha sampai dibuka kembali, "mungkin pada bulan Juli."

Tapi foto itu bukan palsu. Itu diambil pada Idul Fitri 2019. Sementara Shishawi tidak melanggar kuncian, dan gambar tersebut masih menimbulkan pertanyaan legalitas. "Ini jelas ilegal," katanya kepada. "Mereka tidak memiliki ruang di depan lounge, itu adalah area pejalan kaki."

Ini bukan pertama kalinya shisha menjadi sorotan utama dalam kesalahan informasi online. Pada 2013, Pan Arabian Enquirer, sebuah situs berita satir, memuat berita yang menyatakan bahwa Emirates Airline akan memperkenalkan kamar-kamar shisha pada penerbangan jarak jauh tertentu. Kisah palsu itu mendapatkan lebih dari 500.000 kunjungan di situs webnya dan diliput oleh berbagai media dan blog.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home