Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:11 WIB | Senin, 28 Januari 2019

Lembaga Tes Masuk PT: Sekolah yang Finalisasi Data di PDSS Meningkat

Ilustrasi. Sejumlah peserta lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau lulus jalur undangan mengikuti arahan saat pendaftaran ulang di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Selasa (16/5/2017). (Foto: Antaranews.com/Amplsa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengatakan, jumlah sekolah yang melakukan finalisasi data di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada tahun ini sebanyak 14.675 sekolah.

"Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 10.152 sekolah," kata Ravik di Jakarta, Minggu (27/1).

Pada tahun ini, jumlah sekolah yang berpotensi mengisi data namun tidak melakukan pengisian data PDSS sebanyak 3.531 sekolah. Jumlah tersebut menurun dari tahun sebelumnya sebanyak 8.188 sekolah.

Pengisian PDSS merupakan langkah awal untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Penutupan PDSS dilakukan pada hari Minggu (27/1) kemarin. Pendaftaran SNMPTN sendiri dilakukan pada 4 Februari hingga 14 Februari.

Ravik menjelaskan, pada saat ini halaman verifikasi data siswa sudah dibuka.

"Kami berharap siswa segera melakukan verifikasi data siswa hingga Selasa 29 Januari pukul 10.00 WIB," katanya.

Saat ini jumlah siswa yg melakukan verifikasi hingga saat ini tercatat 446.114 orang. Pengumuman hasil SNMPTN akan dilakukan pada 23 Maret 2019.

Seleksi masuk PTN terbagi tiga yakni, SNMPTN yang berdasarkan nilai rapor, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan seleksi berdasarkan tes, dan terakhir adalah seleksi mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN. (Antaranews.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home