Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 17:50 WIB | Selasa, 14 Oktober 2014

LWF Selamati Malala Yousafzay dan Kailash Satyarthi

Malala Youszafai (kanan) dan Kailash Satyarthi (kiri). (Foto:firstpost.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM –  The Lutheran World Federation (LWF) menyambut pengakuan atas peran penting dari “pendidikan untuk semua” dalam penamaan aktivis pendidikan Pakistan Malala Yousafzay dan advokat Kailash Satyarthi sebagai pemenang bersama Nobel Perdamaian 2014, Jumat (10/10).

“Pendidikan sebagai hak untuk semua perempuan terlepas dari risiko adalah misi Malala muda yang melakukan begitu berani di Pakistan ketika ekstremis menembaknya. Kami bersyukur kepada Allah bahwa dia telah menjadi pendukung kuat untuk akses anak-anak terhadap pendidikan,” kata Sekretaris Umum LWF Pendeta Martin Junge.

Junge mencatat komitmen LWF terhadap pendidikan sebagai panggilan penginjilan. “Seperti kita melihat ke depan untuk merayakan ulang tahun ke-500 dari Reformasi, penting untuk mengingat tindakan teladan Martin Luther yang mendirikan sekolah dasar agar anak bisa belajar dan tidak dieksploitasi karena kurangnya pendidikan.”

Lutheran telah melanjutkan tradisi ini melalui ribuan sekolah umum—termasuk pendidikan anak dalam konflik zona—dan lembaga tinggi studi teologi dan lainnya di seluruh dunia. Karya diakonal melalui ‘pelatihan melalui gereja-gereja’ adalah bagian penting dari pendidikan dan pemberdayaan, Sekum menambahkan.

Bagi Sekretaris Pemuda LWF Caroline Richter, “Malala sebagai co-pemenang Hadiah Nobel Perdamaian saat berusia 17 tahun, merupakan suatu dorongan bagi nilai fundamental LWF bahwa partisipasi pemuda dan kepemimpinan merupakan bagian dari identitas kita. Kami menyadari bahwa ada nilai yang besar dalam memberikan ruang bagi kaum muda untuk mengambil inisiatif. Itulah sebabnya pemuda di LWF berinisiatif dalam hal seperti kampanye keadilan iklim terkemuka.”

Namun, Richter mencatat, kepemimpinan hanya dapat dipelihara dalam lingkungan yang mendukung. “Kutipan Alkitab ‘Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu.’ (1 Tim 4:12) mendorong kaum muda Kristen untuk berani melakukan hal yang besar. Adalah penting bahwa kita meneruskan di dalam LWF untuk memberikan ruang mendengarkan apa yang dikatakan dan diharapkan orang-orang muda dan merespons dengan tepat.”

Junge mengatakan karya India aktivis Satyarthi bergema baik dengan LWF fokus pada perdagangan manusia. Program World Service di negara-negara seperti Nepal bekerja dengan organisasi-organisasi masyarakat sipil untuk memberikan mata pencaharian alternatif bagi dibebaskan buruh terikat seperti Kamaiyas, katanya. “Membebaskan dan merehabilitasi anak dan dewasa buruh melalui pendidikan mengembalikan martabat mereka dan memberdayakan mereka untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dalam konteks masing-masing,” katanya.

Junge menambahkan bahwa pemenang Hadiah Nobel Perdamaian diumumkan pada malam Hari Internasional Anak Perempuan [11 Oktober] dengan tema ‘Memberdayakan Remaja Perempuan: Mengakhiri Siklus Kekerasan’. “Apa kebetulan yang luar biasa, karena kami menghormati dua orang yang telah mendedikasikan hidup mereka untuk kebebasan dan pendidikan.” (lutheranworld.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home