Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:59 WIB | Jumat, 28 Oktober 2016

Mahmud Abbas Rencanakan Kongres Partai Fatah

Warga Palestina mengangkat bendera nasional saat unjuk rasa menentang perpecahan dan mendukung persatuan nasional di Gaza City, 22 Oktober 2016. (Foto: AFP)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM - Partai yang dipimpin Presiden Palestina Mahmud Abbas berniat menggelar kongres pertamanya sejak 2009 pada akhir tahun ini, ungkap seorang pejabat, hari Jumat (28/10).

Rencana untuk menggelar kongres partai yang dipimpinnya itu disampaikan saat beberapa negara Arab dilaporkan menekan Abbas untuk memulangkan rivalnya Mohammed Dahlan dari pengasingan di Uni Emirat Arab (UEA).

Meski beberapa penasihat Abbas menegaskan bahwa kongres itu digelar dengan sederhana karena sudah melewati waktu, beberapa analis melihatnya sebagai peluang baginya untuk merombak beberapa posisi penting dan mengesampingkan sekutu Dahlan.

Anggota komite sentral Fatah mengatakan tanpa mau disebutkan namanya bahwa kongres akan digelar “sebelum akhir tahun,” mudah-mudahan pada November.

Kongres tersebut akan menjadi kongres ketujuh Fatah sejak pembentukannya dan yang pertama sejak 2009.

Kongres tersebut akan meliputi pemilihan untuk komite pusat Fatah yang terdiri dari 23 anggota, dan dewan revolusioner yang terdiri dari 132 anggota.

Quartet Arab - Arab Saudi, Mesir, Yordania dan Uni Emirat Arab - mendesak Abbas untuk mengatasi isu di dalam Fatah dengan pandangan yang mengarah pada rekonsiliasi yang lebih besar antara faksi-faksi di Palestina. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home