Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 15:01 WIB | Sabtu, 31 Mei 2014

Makam Yahudi di Yunani Dirusak Orang Tak Dikenal

Menara Putih di Thessaloniki, Yunani. (Foto: wikimedia.org)

YUNANI, SATUHARAPAN.COM – Belasan makam di pemakaman Yahudi di kota Thessaloniki, yang merupakan rumah bagi komunitas Yahudi terbesar di negara itu hingga Perang Dunia II, dirusak, kata polisi pada Jumat (30/5).

Perusuh tak dikenal masuk ke pemakaman pada Kamis dan merusak pot bunga dan makam, memicu kecaman mengenai “serangan terhadap komunitas Yahudi dan warga Yunani” dari kementerian luar negeri di Athena.

Pihak berwenang akan “melakukan segala upaya untuk menemukan dan menangkap para pelaku tindakan anti-Semit dan penuh kebencian ini, yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan toleransi masyarakat Yunani,” kata Menteri Luar Negeri Evangelos Venizelos dalam sebuah pernyataan.

Pemimpin komunitas Yahudi David Saltiel “menyesalkan dan mengutuk” serangan itu, lapor kantor berita ANA, namun menambahkan bahwa itu adalah “insiden terisolasi“ yang tidak ada hubungannya dengan serangan anti-Semit yang dilakukan di bagian lain Eropa.

Pekan lalu, serangan terhadap museum Yahudi di Brussels menyebabkan empat orang tewas.

Thessaloniki adalah rumah bagi sekitar 50.000 orang Yahudi sampai Perang Dunia II, ketika sebagian besar warganya dideportasi dan dibunuh selama pendudukan Nazi Jerman. Saat ini sekitar 1.500 warga Yahudi masih tinggal di kota itu. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home