Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:21 WIB | Sabtu, 14 Maret 2015

Mantan Presiden Turki Gul Pensiun dari Dunia Politik

Mantan Presiden Turki Abdullah Gul. (Foto: mynet.com)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM – Mantan Presiden Turki Abdullah Gul pada Jumat (13/3) mengatakan tidak memiliki rencana untuk kembali terjun ke dunia politik, mengakhiri spekulasi tentang kemungkinan kembalinya dalam pemilu legislatif pada Juni.

Gul - salah satu pendiri Partai Justice and Development Party (AKP) berkuasa - telah menjadi tokoh utama dalam politik Turki selama satu dekade terakhir, menjabat sebagai perdana menteri, menteri luar negeri, dan presiden dari 2007 hingga 2014.

Dia tidak muncul di hadapan publik sejak menyerahkan kepresidenan kepada Recep Tayyip Erdogan pada tahun lalu, namun media Turki melaporkan bahwa Gul kemungkinan akan kembali ke politik dengan mencalonkan diri sebagai anggota parlemen AKP dalam pemilu pada 7 Juni.

Erdogan sendiri mendorong spekulasi tersebut dengan menyatakan bahwa dia akan menyambut langkah tersebut.

“Pada saat ini saya tidak memiliki rencana semacam itu,” tutur Gul kepada wartawan dalam komentar yang disiarkan di televisi di Istanbul. “Saya saat ini tidak akan aktif di politik,” tambahnya.

Gul telah lama terlihat dekat dengan Erdogan, namun jarak mencolok antara keduanya muncul dalam beberapa tahun terakhir.

Mantan presiden itu secara umum mengambil sikap moderat sementara Erdogan menjadi semakin keras dalam menghadapi protes terhadap pemerintahannya. (AFP)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home