Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 15:30 WIB | Selasa, 03 November 2015

Menag Buka Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia 2015

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

CIMACAN, SATUHARAPAN.COM –  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka secara resmi acara Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) 2015 di Kawasan Cimacan, Jawa Barat, Senin (2/11) malam.

Acara yang menyoroti fungsi dan keberadaan keluarga dalam mewujudkan nilai-nilai Injili ini berlangsung dari tanggal 2 – 7 November 2015.

Di hadapan Ketua KWI Monsinyur Ignatius Suharyo, para uskup se-Indonesia, dan Dubes Vatikan untuk Indonesia Monsinyur Antonio Guido Filipazzi, Menag menyampaikan rasa syukurnya bisa menghadiri acara SAGKI 2015 ini. Menag mengaku sempat khawatir tidak bisa hadir karena mendadak ada acara dengan Presiden Joko Widodo.

Namun, Menag memberanikan diri menghadap Presiden untuk meminta izin menghadiri acara SAGKI IV, dan Presiden langsung merespons dan memberikan izin.

“Silakan melayani umat. Layani umat!”  kata Menag, disambut riuh tepuk tangan peserta SAGKI.

Menag juga menyampaikan apresiasi pemerintah atas terselenggaranya SAGKI 2015 ini.

Menurutnya, SAGKI IV menyoroti peran keluarga dalam kehidupan keagamaan dan hal itu sangat relevan dengan tantangan kehidupan saat ini.

Menag Lukman menyampaikan bahwa pada dasarnya keluarga adalah sekolah pertama dan tempat pembentukan mendasar bagi anak-anak agar menjadi pribadi beriman dan berkarakter sesuai dengan imannya.

“Saya sangat bersepakat, sangat setuju, seperti halnya yang disampaikan oleh Ketua SAGKI IV Romo Hibertus Hartonu, bahwa keluarga adalah sekolah yang utama dan pertama,” kata dia.

Menag berharap kegiatan ini bisa menghasilkan hal-hal yang berguna bagi pembentukan keluarga yang benar-benar menjadi tempat sukacita dan damai, keluarga yang benar-benar Katolik, dan benar-benar menjadi warga Indonesia yang cinta kasih sayang di tengah masyarakat yang majemuk.

“Semoga acara ini bisa menghasilkan rekomendasi yang baik, sebagai kontribusi yang konstruktif bagi bangsa Indonesia tercinta,” kata dia. (kemenag.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home