Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 10:37 WIB | Selasa, 16 Juli 2013

Mencegah Risiko Kanker Mulailah dari Anak-Anak

Penyakit kanker dapat di cegah dan dideteksi secara dini. (Foto: dok.)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Pencegahan terjadinya risiko kanker mulailah dari usia anak-anak. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, dengan memulai kebiasaan makan yang baik, dan banyak latihan fisik untuk menjaga berat badan yang sehat.

Beberapa tips berikut dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker antara lain kanker kulit, servik dan paru-paru.

Hanya paparan sinar matahari yang serius yang dapat menyebabkan risiko kanker kulit pada anak-anak. Kulit mereka perlu mendapatkan perlindungan dari sinar ultraviolet (UV) matahari yang berbahaya setiap kali mereka berada di luar ruangan.

Tipsnya antara lain; mencari tempat berteduh dan jauhkan diri dari paparan sinar matahari, terutama pada jam tengah hari, menutupi dengan pakaian untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV tersebut, memakai topi dengan pinggiran yang lebar untuk melindungi wajah, telinga dan leher.

Kemudian pakailah kacamata hitam untuk menghindari paparan UV A dan UV B yang mungkin terjadi. Jika dibutuhkan, pakailah tabir surya dengan faktor perlindungan matahari atau sun protective factor (SPF) 15 atau lebih agar mendapat perlindungan dari kedua paparan UV A dan UV B.

Kanker Servik

Tips lainnya adalah untuk mencegah kanker serviks. Human papillomavirus (HPV), virus yang umumnya dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain saat berhubungan seks. Virus tersebut merupakan penyebab utama kanker serviks. Virus tersebut menyerang organ vagina, vulva, penis, anus dan kanker orofaringeal.

Sebuah vaksin untuk mencegah terinfeksinya HPV sampai saat ini masih tersedia. Vaksin tersebut dapat melindungi berbagai jenis HPV yang paling sering menyebabkan kanker. Vaksin ini sangat dianjurkan untuk digunakan oleh anak perempuan berumur 11 tahun dan anak laki-laki berumur 12 tahun.

Vaksin ini juga dianjurkan untuk digunakan oleh anak perempuan dan wanita berusia 13 sampai 26 tahun, serta anak laki-laki dan laki-laki berusia 13 sampai 21 tahun. Vaksin ini juga dapat diberikan pada anak usia semblilan tahun.

Kanker Paru-paru

Tips berikutnya adalah mencegah kanker paru-paru. Penggunaan tembakau merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Cara terbaik untuk mencegah kanker paru-paru adalah dengan tidak merokok, atau mulailah berhenti merokok.

Menurut data pusat pencegahan dan pengendalian penyakit / Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, pada tahun 2011 terdapat 44,7 persen siswa SMA yang telah mengisap rokok. Satu dari lima siswa SMA sampai saat ini adalah perokok aktif.

Tipsnya adalah mulailah orangtua menyarankan agar anak Anda tidak merokok. Dan memberikan pelajaran terhadap anak Anda mengenai dampak asap rokok bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Dan berikan gambaran pada mereka bahwa merokok dapat menyebabkan kanker  paru-paru anak Anda.

Kemudian jangan biarkan anak Anda terekspos terhadap produk-produk iklan rokok di televisi yang dapat mempenagruhi anak Anda untuk membelinya. (cdc.gov.)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home