Loading...
BUDAYA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:47 WIB | Sabtu, 05 April 2014

Menggambarkan Nabi, Malaysia Larang ‘Noah’

Aktor Russell Crowe (kiri) dan Hugh Jackman di acara pemutaran perdana 'Noah' di Leicester Square London pada Senin (24/3). Kementerian dalam negeri Malaysia telah melarang film Noah karena dianggap tidak sensitif terhadap umat Islam. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM - Malaysia bergabung negara-negara Islam lainnya dalam melarang penayangan film epik Hollywood ‘Noah’ yang dibintangi Russell Crowe. Film tersebut dikecam tidak sesuai agama dan dianggap melanggar hukum Islam karena menggambarkan sosok nabi.

Seorang pejabat kementerian dalam negeri pada Sabtu (5//4) membenarkan bahwa film Paramount terbaru beranggaran besar itu, yang telah menuai kecaman di kalangan kelompok-kelompok Muslim di seluruh dunia, tidak akan diputar di Malaysia yang mayoritas berpenduduk Muslim.

Sebelum Malaysia, negara Islam seperti Pakistan, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Indonesia, negara Timur Tengah dan Afrika Utara turut mengharamkan film karya Darren Aronofsky itu dengan alasan yang sama.

Universitas Al-Azhar Kairo juga mengeluarkan fatwa, mengutip pelarangan menggambarkan nabi, dan mendesak umat Islam untuk tidak menonton "Noah". 
 
Sebuah pernyataan dari Komite Ulama tertinggi Al-Azhar mengatakan: "Pembuatan film tersebut bertentangan dengan perawakan yang lebih tinggi dari para nabi dan rasul, dan mempengaruhi konstanta hukum Islam. Juga memancing emosi orang percaya."

Film itu membuat marah sejumlah lembaga Kristen di Amerika Serikat atas penggambaran nabi Nuh yang diperankan Crowe, yang dianggap sebagai tokoh penting di Kristen dan Islam.

Ketua Unit Dewan Sensor Film kementerian dalam negeri Malaysia Abdul Halim Abdul Hamid mengatakan keputusan untuk melarang film Noah dibuat sekitar dua pekan lalu.

"Ya, saya bisa membenarkan bahwa film tersebut telah dilarang oleh dewan, film tersebut dapat menyebabkan cukup banyak kemarahan dan kesusahan jika ditayangkan di Malaysia," katanya seperti dikutip oleh The Malay Mail Online.

Abdul Halim mengatakan alasan utama untuk larangan itu adalah penggambaran Nuh yang diperankan Crowe, karena Islam melarang penggambaran visual nabi apa pun.

"Setiap penggambaran nabi apapun dilarang dalam Islam," kata Abdul Halim. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home