Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:30 WIB | Jumat, 21 April 2017

Menkeu Mnuchin: Pertumbuhan AS Baik untuk Ekonomi Global

Para pendemo melakukan aksi unjuk rasa untuk mendesak Presiden AS Donald Trum merilis laporan pajaknya pada 15 April 2017 di Washington, DC. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Prioritas pemerintahan Donald Trump adalah meningkatkan pertumbuhan di Amerika Serikat (AS) melalui pengurangan pajak dan perombakan regulasi, dan perekonomian AS yang berkembang akan baik untuk dunia, ungkap Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada hari Kamis (20/4).

Memangkas pajak perusahaan untuk mendorong perusahaan AS agar dapat mengembalikan “triliunan dolar” pendapatan asing yang saat ini tersimpan di rekening luar negeri akan mendorong investasi dan pertumbuhan, katanya.

“Yang baik bagi perekonomian AS adalah baik bagi perekonomian global,” ujar Mnuchin dalam sebuah diskusi di Lembaga Keuangan Internasional (Institute for International Finance/IIF).

Pejabat AS tersebut mengatakan bahwa fokus utama pemerintah adalah terkait perdagangan dan investasi yang adil dan seimbang, tetapi dia menghindari ketegangan di antara pejabat keuangan yang berkumpul dalam pertemuan semitahunan IMF karena retorika proteksionisme yang mengkhawatirkan dalam pemerintahan AS.

Mnuchin mengatakan bahwa tarif pajak perusahaan AS termasuk di antara yang terbesar di dunia, dan mendorong perusahaan untuk memalsukan pendapatan mereka di luar negeri.

“Ini tentang bagaimana menjadikan pajak bisnis lebih kompetitif dan mengembalikan triliunan dolar untuk investasi,” katanya.

Saat ditanya apakah pemangkasan pajak dalam jumlah besar akan memperbesar defisit anggaran AS, Mnuchin mengakui akan ada dampak, tetapi mengatakan bahwa itu akan seimbang setelah mempertimbangkan pertumbuhan positif yang diperkirakan dari lonjakan investasi.

“Itu akan terbayar dengan pertumbuhan,” katanya tentang rencana pajak yang dia perkirakan akan diperkenalkan sebelum akhir tahun. (AFP)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home