Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:41 WIB | Selasa, 28 Januari 2020

Menlu: Belum Ada Izin Warga Israel Kunjungi Arab Saudi

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan. (Foto: dok. AFP)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Arab Saudi mengatakan bahwa warga negara Israel tidak diperbolehkan mengunjungi Arab Saudi, meskipun Israel telah memutuskan bahwa warga Israel dapat mengunjungi Arab Saudi dalam keadaan tertentu, menurut laporan CNN pada hari Senin (27/1).

“Kebijakan kami sudah diperbaiki. Kami tidak memiliki hubungan dengan negara Israel dan pemegang paspor Israel tidak dapat mengunjungi kerajaan pada saat ini," kata penyiar televisi tersebut mengutip Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Israel, Aryeh Deri, pada hari Minggu (26/1) mengatakan secara resmi memberi warganya hak untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk kunjungan keagamaan dan bisnis. Deri menandatangani untuk pertama kalinya suatu perintah yang memungkinkan diberikan izin keluar bagi orang Israel ke Arab Saudi, kata kantornya, yang dikutip AFP.

Langkah itu, yang dikoordinasikan dengan dinas keamanan dan diplomatik, menyetujui perjalanan ke negara Teluk "untuk tujuan keagamaan selama musim haji dan umrah (ziarah bagi warga Muslim)," katanya dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan Israel juga akan mengizinkan warganya untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi "untuk berpartisipasi dalam pertemuan bisnis atau mencari investasi" untuk perjalanan yang tidak melebihi 90 hari.

Pelancong bisnis harus "mengatur masuknya mereka ke Arab Saudi dan menerima undangan dari sumber pemerintah," kata kementerian dalam negeri.

"Ketika sebuah perjanjian damai dicapai antara Palestina dan Israel, saya yakin masalah keterlibatan Israel di wilayah itu akan dibahas," kata Pangeran Faisal, dikutip Al Arabiya.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengatakan pada hari Senin (27/1) bahwa Gedung Putih akan merilis rencana perdamaian Timur Tengah yang telah lama tertunda pada Selasa (28/1) siang waktu setempat. 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home