Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:48 WIB | Kamis, 06 Februari 2014

Menteri Kesehatan Norwegia Akan Hadiri Sochi 2014 Bersama Pasangannya

Ilustrasi hubungan sesama jenis. (Foto: lgbt.co.uk)

OSLO, SATUHARAPAN.COM – Menteri Kesehatan Norwegia, Bent Hoie berusaha memperjuangkan hak-hak kaum gay dan homoseksual di Rusia dengan menghadiri Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Sochi 2014. Hoie mengatakan demikian pada Selasa (4/2).

Bent Hoie mengatakan kegiatan kunjungan kenegaraan merupakan hal yang wajar dilakukan menteri bersama pasangannya, walau dia seorang gay sekalipun.

“Semua orang tahu, bahwa hak-hak kaum gay layak dihormati,” kata Hoie.

Hoie menjabat Menteri Kesehatan Norwegia sejak 2013, anggota partai konservatif berusia 42 tahun ini menikah dengan pasangan sesama jenis, Dag Terje Solvang, seorang eksekutif periklanan senior sejak Oktober 2013.

Mulai dari Juni 2013, Rusia telah membuat RUU (Rancangan Undang Undang) yang melarang promosi homoseksualitas kepada anak-anak, akan tetapi RUU tersebut memiliki menimbulkan kecaman internasional, salah satunya seruan dunia internasional untuk memboikot pertandingan olahraga di Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin menetralisir pendapat tersebut dengan mengatakan pada awal Januari 2014, kaum homoseksual tidak perlu takut ketika pergi ke Sochi.

“Anda bisa merasa tenang dan nyaman,” kata Putin.

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg, kepala negara yang membanggakan diri memiliki hubungan baik dengan tetangganya, Rusia, telah mengkonfirmasi niatnya untuk menghadiri permainan Sochi. Ini dia buktikan dengan mengizinkan Bent Hoie hadir di Sochi 2014 ini.

Namun, para pemimpin dunia lainnya, Presiden AS, Barack Obama dan Presiden Prancis, Francois Hollande terlanjur mengalami penurunan kepercayaan terhadap peristiwa tersebut. (pinknews.co.uk/newsdaily.com/moscowtimes.com/belfasttelegraph.co.uk)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home