Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 14:06 WIB | Selasa, 03 Desember 2019

Monyet Hokkaido Menikmati Pemandian Air Panas

Bayi kera jepang atau kera salju (Macaca fuscata) berendam di kolam air panas di Hokkaido, Jepang. (Foto: en.wikipedia.org)

HOKKAIDO, SATUHARAPAN.COOM – Pada hari yang dingin, banyak warga Jepang yang menikmati berendam di pemandian sumber air panas atau onsen. Mereka tidak sendirian. Pada Senin (2/12/2019), tampak sekumpulan kera atau monyet Macaca fuscata di provinsi paling utara, Hokkaido, melakukan aktivitas serupa.

Taman Tropis Botani Hakodate, yang berlokasi di resor pemandian air panas memompa air panas ke taman monyet di fasilitas itu setiap Desember. Para staf, seperti dilaporkan nhk.or.jp, mengatur suhu pada 40 derajat celsius.

Banyak pengunjung yang datang untuk mengambil foto monyet-monyet itu, yang turun dari hutan dan tebing-tebing yang curam. Seorang pria berusia 60-an tahun dari Kota Sapporo mengatakan, monyet-monyet itu tampak santai, sama seperti dia ketika berendam di onsen. Akan disediakan sumber air panas bagi monyet-monyet itu hingga awal Mei tahun depan.

Kera atau monyet jepang juga dikenal sebagai monyet salju, mengutip dari Wikipedia adalah spesies kera asli Jepang. Nama lain, monyet salju, diberikan karena kera-kera ini tinggal di daerah tertutup salju selama berbulan-bulan setiap tahun - tidak ada primata lain yang hidup di utara, atau hidup dalam iklim yang lebih dingin.

Kera jepang memiliki bulu cokelat-abu-abu, wajah merah, dan ekor pendek. Di Jepang, spesies ini dikenal sebagai Nihonzaru (Nihon=Jepang, dan saru= kera) untuk membedakannya dari primata lain.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home