Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 21:31 WIB | Kamis, 24 Mei 2018

Nadia Mulya Buat Petisi Dukung Penerapan Cukai Plastik

Ilustrasi. (Foto: change.org)

SATUHARAPAN.COM - Aktris dan model Nadia Mulya membuat petisi mendukung Pemerintah menerapkan cukai plastik lewat petisi online change.org. Petisi ini sudah berjalan pekan lalu dan didukung lebih 600 orang.

Melalui petisi ini, Nadia Mulya  mengingatkan bahwa plastik merupakan barang yang berdampak negatif bagi lingkungan. Tetapi barang ini banyak dikonsumsi. Karena itu perlu dikendalikan melalui penerapan cukai plastik.

Penerapan cukai dinilai akan mengurangi produksi dan konsumsi plastik. Seperti sebelumnya saat penerapan kebijakan kantong plastik berbayar yang didorong Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP). Kebijakan kantong plastik berbayar mampu mengurangi penggunaan kantong plastik hingga 55 persen.

Dia mengutip data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahwa setiap menit ada lebih dari sejuta kantong plastik yang digunakan. Separuhnya dipakai cuma sekali dan langsung menjadi sampah. Padahal untuk memproduksi plastik setiap tahunnya menghabiskan 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon.

Petisi ini dapat dilihat di tautan berikut: https://www.change.org/p/menteri-keuangan-segera-terbitkan-peraturan-cukai-kantong-plastik-dukungcukaiplastik-jangantundalagi

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home