Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 10:11 WIB | Minggu, 22 September 2013

Nilai-nilai Kristen Menginspirasi Belarasa dalam Menangani HIV

Charles Ahiakou. (Foto: oikoumene.org)

LOMÉ, SATUHARAPAN.COM – Gereja-gereja di Togo ambil bagian dalam pertarungan kuat terhadap HIV dan AIDS. Minoritas seksual—sangat rentan terhadap pandemi—tetap membutuhkan pelayanan pastoral yang mendorong akses ke fasilitas pencegahan HIV, agar hidup mereka diselamatkan.

Sangat penting melibatkan minoritas seksual dalam memulai dialog tentang homoseksualitas untuk mencapai "jumlah infeksi HIV baru, nol", tujuan yang ditetapkan UNAIDS—badan PBB yang menangani pencegahan dan penyembuhan HIV/AIDS.

Charles Ahiakou, (23) dan anggota kelompok MSM (laki-laki berhubungan seks dengan laki-laki) kelompok, berbagi pandangan ini dalam sebuah wawancara baru-baru ini (20/9).

Sebagai anggota aktif dari gerejanya di Lome, Ahiakou melakukan beberapa pertemuan berusaha meningkatkan kesadaran HIV, homoseksualitas, dan homofobia dalam rangka untuk mempromosikan kondisi kesehatan yang lebih baik bagi kaum minoritas seksual, serta untuk menghilangkan stigma sosial dan diskriminasi.

Rapat ini diselenggarakan dengan dukungan dari HIV dan AIDS Initiative Ekumenis di Afrika (EHAIA), sebuah proyek dari Dewan Gereja Sedunia (WCC).

Ahiakou mengatakan proyek, "pertemuan EHAIA diprakarsai telah dilengkapi kami dengan keterampilan untuk memberikan pendampingan pastoral pada orang yang terinfeksi HIV. Mereka memberi kita harapan, kesempatan untuk bertemu orang-orang, berpikir dan berbicara tentang masalah kita berhubungan dengan seks dan seksualitas, HIV dan tantangan kehidupan sehari-hari kita di Togo. "

Di Togo, aktivitas seks sesama jenis adalah ilegal, Ahiakou menggarisbawahi bahwa homoseksualitas adalah tabu.

“Dalam imajinasi populer, homoseksualitas tidak ada. Karena persepsi sosial, para MSM mengalami kesulitan untuk hidup secara terbuka dengan orientasi seksual mereka. Maka, mereka akhirnya mencabut diri dari akses terhadap pencegahan HIV, pengobatan perawatan, dan konseling pastoral,” tambahnya.

Ahiakou menjelaskan bahwa di Togo, MSM terpaksa hidup dalam persembunyian dan dikelompokkan dalam tertutup, terbatas dan praktis jaringan mereka pun tidak dapat diakses. Mayoritas Togo yang menerima keberadaan para homoseksualitas, masih percaya itu praktik menyimpang, tidak layak bagi masyarakat yang konservatif dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisional.

Penolakan budaya ini mencegah diskusi terbuka tentang realitas HIV dan AIDS. Dalam situasi ini HIV tetap menjadi ancaman bagi seluruh masyarakat. Penelitian prevalensi pertama yang dilakukan pada 2011 antara kelompok MSM di Togo mengungkapkan angka prevalensi HIV sebesar 20,3%.

"Inilah sebabnya mengapa pendeta di gereja-gereja harus mendorong mengakhiri diskriminasi dan advokasi untuk toleransi, jika masalah HIV dan AIDS harus ditangani secara efektif," kata Ahiakou.

Mengakhiri Diskriminasi, Mendorong Toleransi

Dalam pertemuan yang diselenggarakan Ahiakou di Lome, studi Alkitab kontekstual digunakan untuk mendorong mengakhiri diskriminasi yang datang dengan HIV dan homoseksualitas, dan melakukan advokasi untuk toleransi.

Gereja bisa tetap menjadi titik fokus, lanjutnya, tempat orang yang hidup dengan HIV didengarkan, ditemani, dan dirujuk ke pusat kesehatan, tanpa memandang orientasi seksual mereka.

"Apakah kita tidak mengatakan bahwa Allah adalah Allah pengampunan, dan salah satu di antara kita yang mencintai sesamanya paling akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah?" tanya Ahiakou. Dengan prinsip ini, sangat penting bagi para pemimpin gereja untuk mengambil tanggung jawab mereka dalam menyelamatkan nyawa manusia, katanya.

Ahiakou berharap nilai-nilai Kristen diterapkan dalam menangani masalah HIV. Nilai-nilai ini, kata dia, bisa menginspirasi belarasa dan upaya untuk memperbaiki kondisi kesehatan minoritas seksual.

Membahas karyanya dengan kantor regional EHAIA untuk Afrika Barat, Ahiakou menyebutkan "rasa percaya" di antara jaringan ekumenis, kelompok LSL dan organisasi-organisasi non-pemerintah.

"Kami telah berbicara tentang kerentanan minoritas seksual, pencegahan HIV, homofobia dalam budaya Afrika dan komunitas agama, dan isu diskriminasi," katanya.

Inisiatif ini telah membantu MSM untuk memahami dan mendapatkan kontrol atas seksualitas mereka di tengah stigma sosial yang akut melekat pada homoseksualitas dan HIV, kata Ahiakou.

Ahiakou menyimpulkan dengan mengatakan harapannya adalah bahwa, melalui inisiatif seperti, MSM seperti dia suatu hari akan dapat menerima perawatan kesehatan dan tidak akan dipaksa untuk mati dalam keheningan akibat HIV dan AIDS. (oikoumene.org)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home