Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 08:56 WIB | Rabu, 11 Juni 2014

Orang Kristen Bangladesh Ikut Berjuang Bagi Negaranya

Jayonta Adhikari, anggota Komite Sentral Dewan Gereja Dunia (WCC) dari Bangladesh. (Foto: oikoumene.org)

DHAKA, SATUHARAPAN.COM – Dalam wawancara berikut, Jayonta Adhikari—anggota Komite Sentral Dewan Gereja Dunia (WCC) dari Bangladesh—berbicara tentang realitas sosial-politik bagi orang Kristen di negaranya, aspirasi untuk perlindungan hak asasi manusia, serta apa arti panggilan WCC untuk “ziarah keadilan perdamaian” bagi gereja-gereja di kawasan itu.

Adhikari, warga gereja Baptis dan direktur Komisi Kristen untuk Pembangunan di Bangladesh (Christian Commission for Development in Bangladesh/CCDB), berbagi pandangan ini dalam wawancara yang dilakukan di Dhaka pada Kamis (5/6).

Apa realitas sosio-politik yang dihayati gereja-gereja Bangladesh hari ini?

Orang Kristen di Bangladesh adalah agama minoritas di antara mayoritas Muslim. Namun, mulai dari kemerdekaan negara pada 1971, mereka telah terlibat dalam berbagai bidang. Banyak orang Kristen telah mengorbankan hidup mereka dalam perjuangan kemerdekaan. Sejak itu, jejak kaki dari gereja-gereja dapat ditelusuri dalam karya untuk pembangunan bangsa, pendidikan, inisiatif kemanusiaan untuk bencana iklim dan pembangunan. Ini adalah kontribusi yang harus diakui dan dievaluasi oleh negara, serta oleh diri kami sendiri.

Orang-orang Kristen Bangladesh, bersama dengan kelompok agama minoritas lainnya, selalu terpengaruh oleh situasi geo-politik regional dan global. Konflik di negara-negara tetangga yang melibatkan agama sering mengimbas di negara kami. Pada banyak masa, kejadian di Barat membuat reaksi terhadap orang Kristen di sini oleh orang-orang yang keliru mengaitkan kekristenan dengan Barat.

Kami hidup dalam masyarakat yang plural secara agama di Bangladesh. Pada saat-saat itu menjadi tantangan bagi gereja-gereja untuk mendapatkan kepercayaan karena praktik-praktik dari beberapa gereja Injili yang menganggap konversi adalah prioritas. Tindakan tersebut oleh gereja-gereja ini dapat menjadi kontraproduktif dalam situasi seperti kami saat ini.

Isu apa hak asasi manusia menyangkut gereja Bangladesh? Dan, bagaimana gereja menangani masalah ini?

Melalui Dewan Nasional Gereja-Gereja di Bangladesh dan Forum Serikat Kristen, kami berusaha berbicara tentang isu-isu hak asasi manusia dalam setiap cara yang mungkin kami bisa. Isu-isu hak asasi manusia ini terkait dengan perempuan, pemuda, anak-anak, dan kelompok kurang mampu telah menjadi fokus dari proyek-proyek lokal dari gereja-gereja.

Saya merasa bahwa orang-orang Kristen di Bangladesh hidup damai dengan umat beragama lainnya. Namun, jika kami ingin melindungi struktur harmoni sosial dan agama di negara ini, mempromosikan nilai-nilai dasar kami yang memastikan perlindungan hak bagi semua warga negara tanpa memandang hubungan agama mereka, kami harus menjunjung tinggi nilai-nilai sekuler konstitusi Bangladesh.

Untuk menjamin perlindungan hak asasi manusia di negara kami, kami berharap bahwa pola pikir agama radikal tertentu dapat diatasi oleh pemerintah. Kami berharap bahwa mereka bisa berbuat lebih banyak untuk memastikan bahwa terus ko-eksistensi damai dan pertumbuhan ekonomi di Bangladesh.

Apa arti dari “ziarah keadilan dan perdamaian” untuk gereja-gereja Bangladesh, sebuah frase yang merupakan panggilan dari Sidang Raya WCC di Busan?

Mungkin mudah untuk mengatakan bahwa kami mengambil ziarah keadilan dan perdamaian. Namun, untuk menempatkan panggilan ini ke dalam tindakan tidak mudah. Sebagai gereja, kami mencoba yang terbaik untuk mengubah panggilan ini menjadi kenyataan. Kami telah berusaha mengembangkan beberapa inisiatif dialog, terutama dengan orang-orang dari agama yang berbeda sehingga kami dapat bekerja sama menuju penyebab umum dari perdamaian dan keadilan.

Namun pada kali ini menjadi tantangan ketika tindakan dari mereka yang berkuasa dan kelompok-kelompok yang menggunakan agama sebagai alat politik mengganggu perdamaian, mengguncang masyarakat dan menghambat proses peradilan. Dalam rangka untuk membuat perdamaian dan keadilan menjadi kenyataan di Bangladesh, isu-isu seperti korupsi, pola pikir Islam radikal dan manipulasi agama harus disikapi baik oleh pemerintah dan masyarakat. (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home