Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 17:17 WIB | Senin, 23 Februari 2015

Oscar 2015: Birdman Film Terbaik, Sang Sutradara Juga

Poster Birdman. (Foto: imdb.com)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Film tentang mantan aktor superhero Birdman membawa pulang hadiah utama dalam ajang penghargaan terbesar di Amerika Serikat untuk dunia perfilman, The 87th Academy Awards , Minggu (22/2). Alejandro González Iñárritu, sang sutradara juga diganjar sebagai yang terbaik.

Birdman mengalahkan American Sniper, Boyhood, The Grand Budapest Hotel, The Imitation Game, Selma, The Theory of Everything, dan Whiplash. Birdman sebelumnya memenangkan hadiah utama Screen Actors Guild, Director Guild of America dan Producers Guild of America, menempatkannya dalam kontes yang dipanaskan dengan karya Richard Linklater Boyhood.

Birdman —film kedua Iñárritu yang mendapatkan nominasi Film Terbaik (Best Picture) setelah Babel—memenangkan tiga Oscar lainnya: Sutradara Terbaik (Iñárritu), Best Original Screenplay (Iñárritu, Nicolás Giacobone, Alexander Dinelaris dan Armando Bo) dan Best Cinematography (Emmanuel Lubezki).

Birdman  juga dinominasikan untuk Aktor Terbaik (Michael Keaton), Aktor Pendukung Terbaik (Edward Norton), Aktris Pendukung Terbaik (Emma Stone), Best Sound Mixing (Jon Taylor, Frank A. Montaño dan Thomas Varga) dan Best Sound Editing (Aaron Glascock dan Martín Hernández).

Komedi Gelap “Superhero”

Riggan Thomson (Michael Keaton) adalah aktor Hollywood kurang sukses yang dikenal memainkan tokoh superhero Birdman dalam film blockbuster dekade sebelumnya. Riggan tersiksa oleh suara Birdman, yang mengkritik dia, dan dia melihat dirinya melakukan levitasi dan telekinesis.

Riggan berharap menemukan kembali kariernya dengan menulis, mengarahkan, dan membintangi adaptasi Broadway cerita pendek karya Raymond Carver “Apa yang Kami Bicarakan Ketika Kami Bicara Tentang Cinta”—What We Talk About When We Talk About Love. Drama ini diproduksi oleh teman terbaik Riggan dan pengacara Jake (Zach Galifianakis), dan juga dibintangi pacar Riggan Laura (Andrea Riseborough) dan aktris yang pertama kali akan tampil di Broadway Lesley (Naomi Watts). Putri Riggan Sam (Emma Stone), seorang mantan pecandu narkoba, berfungsi sebagai asistennya.

Selama latihan, sebuah lampu menjatuhi Ralph, aktor yang dinilai jelek oleh Riggan dan Jake. Riggan memberi tahu Jake mengatakan dirinyalah yang menyebabkan lampu itu jatuh sehingga ia bisa menggantikan Ralph.

Melalui koneksi dengan Lesley, Riggan menggantikan Ralph dengan aktor brilian tapi plin-plan Mike (Edward Norton), yang menjual rumahnya untuk membiayai kontraknya. Pada pratinjau pertama sebelum pertunjukan menjadi malapetaka: Mike merusak karakter dengan mengganti gin—minuman beralkohol—dengan air. Mike juga berusaha memerkosa Lesley selama adegan seks. Riggan membaca liputan pers awal dan marah bahwa Mike telah mencuri perhatian, tapi Jake mendorong dia untuk melanjutkan. Ketika Riggan menangkap Sam menggunakan ganja, Sam mengatakan kepada Riggan bahwa ia tidak peduli. Sam juga menganggap drama itu adalah proyek jahat.

Di belakang panggung selama pratinjau akhir, Riggan melihat Sam dan Mike menggoda. Dia tanpa sengaja mengunci diri dari teater dan harus berjalan hanya dengan celana dalam melalui Times Square untuk kembali dalam; popularitasnya meledak online. Setelah itu, ia melabrak kritikus berpengaruh Tabitha Dickinson. Dickinson pernah mengatakan bahwa ia membenci selebriti Hollywood yang “berpura-pura” menjadi aktor, dan berjanji untuk “membunuh” pertunjukannya dengan review negatif.

Riggan mabuk dan pingsan di jalan. Keesokan harinya, ia berhalusinasi melakukan percakapan dengan Birdman, yang mencoba untuk meyakinkan dia untuk membuat film Birdman lain, dan melihat dirinya terbang melalui New York City kembali ke teater.

Pada malam pembukaan, Riggan menggunakan pistol asli untuk adegan terakhir di mana karakternya bunuh diri, dan menembak di hidungnya di atas panggung. Dia mendapatkan standing ovation dari semua penonton, kecuali Tabitha Dickinson yang meninggalkan pertunjukan selama tepuk tangan.

Di rumah sakit, Jake memberi tahu Riggan bahwa Tabitha memberikan review bagus atas pertunjukan itu. Ia menyebut usaha bunuh diri ini sebagai penciptaan bentuk baru dari metode akting yang dia sebut “Super-Realisme”. Setelah Sam mengunjungi Riggan, ia menolak Birdman dan naik ke langkan jendela; ketika Sam kembali, Riggan hilang. Dia melihat ke bawah jalan, kemudian ke langit, dan tersenyum.

The Academy Awards

Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling terutama di Amerika Serikat. Piala Oscar diberikan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebuah organisasi penghormatan profesional yang pada tahun 2007 mempunyai keanggotaan sebanyak 5.830 orang pemilih. Aktor-aktor (dengan keanggotaan sebanyak 1.311) merupakan kelompok pemilih terbesar.

Piala Academy Award dijuluki Oscar ketika seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihatnya di sebuah meja dan mengatakan, "kelihatan persis seperti pamanku Oscar!". Nama tersebut tetap melekat dan kini digunakan seumum nama Academy Award sendiri, bahkan oleh pihak Academy sendiri. Bahkan situs web Academy berada pada oscars.org dan situs web Penghargaan Academy Award berada pada oscars.com.

Penghargaan tersebut pertama kali diberikan pada 16 Mei 1929 namun hasilnya sebenarnya telah diumumkan pada 18 Februari, tiga bulan sebelumnya. (huffingtonpost.com/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home