Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:55 WIB | Jumat, 26 Juni 2020

Palestina Siapkan Rp 140 Miliar untuk Dukung Penduduk Lembah Yordan

Perdana Menteri Palestina, Mohammed Shtayyeh. (Foto: dok. AP)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Otoritas Palestina (PA) mengumumkan menyediakan dana multi-juta dolar untuk mendukung penduduk Lembah Jordan. Ini disampaikan hanya beberapa hari sebelum Israel bermaksud untuk mulai mencaplok wilayah strategis di Tepi Barat yang diduduki.

"Pemerintah telah memutuskan untuk membangun proyek-proyek untuk mendukung penduduk Lembah Jordan," kata Perdana Menteri Palestina, Mohammed Shtayyeh, hari Rabu (24/6) dikutip AFP.

Skema ini akan diimplementasikan dalam beberapa hari dan berjumlah 35 juta Shekel Israel (sekitar US$ 10 juta atau Rp 140 miliar), kata perdana menteri. Sebagian besar pembiayaan akan fokus pada peningkatan pertanian, meskipun juga mencakup proyek-proyek pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, Shtayyeh mengatakan PA akan "mengalokasikan tanah untuk semua warga Palestina yang ingin berinvestasi di Lembah Jordan."

Warga Palestina jauh lebih banyak daripada pemukim Yahudi di lembah yang subur itu, yang merupakan sekitar 30 persen dari Tepi Barat yang diduduki.

Tetapi Israel menganggap wilayah itu penting untuk keamanannya dan bermaksud mengambil langkah-langkah untuk mencaploknya, bersama dengan pemukiman Yahudi di Tepi Barat, mulai 1 Juli.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berjanji akan mendukung aneksasi tersebut sebagai bagian dari rencana perdamaian kontroversial yang ia ungkapkan pada Januari lalu. Tapi proposal itu ditolak dengan marah oleh Palestina sebagai pelanggaran hukum internasional. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home