Loading...
DUNIA
Penulis: Wim Goissler 11:31 WIB | Jumat, 22 Desember 2017

Partai-partai Pro Kemerdekaan Catalonia Menangi Pemilu

Presiden Catalonia yang mengasingkan diri, Carles Puidgemont, dalam sebuah kesempatan di Brussels (Foto:EPA)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM - Partai-partai pro kemerdekaan Catalonia dapat dipastikan akan memenangi Pemilu provinsi tersebut setelah lebih dari 90 persen suara dihitung. Partai-partai itu memenangi jumlah mayoritas kursi parlemen.

Sementara itu, Partai Citizen, yang merupakan partai pendukung integrasi dengan Spanyol menjadi partai yang paling banyak memperoleh kursi parlemen dibanding partai-partai lainnya. 

Sebagai hasilnya, belum jelas siapa yang akan diberikan hak untuk membentuk pemerintahan.

Berdasarkan hasil perhitungan sementara, perolehan suara partai-partai pro kemerdekaan Catalonia adalah sebagai berikut:
Partai Together for Catalonia (JxCat) memperoleh 34 kursi, Partai Republican Left of Catalonia (ERC) 32 kursi dan Popular Unity (CUP) 4 kursi. Totalnya adalah 70 kursi dari 135 kursi yang diperebutkan.

Dengan demikian jika partai-partai ini bersedia berkoalisi, mereka dapat membentuk pemerintahan.

Ada pun partai pro integrasi Spanyol, Partai Citizen, meraih 36 kursi. Sedangkan Partai Sosialis Catalonia meraih 17 kursi, Catalunya en Comu-Podemo meraih 8 kursi.

Selanjutnya Partai Rakyat yang merupakan partai yang dipimpin oleh PM Spanyol Mariana Rahoy, hanya meraih empat kursi, turun tujuh kursi dibanding perolehannya pada dua tahun lalu.

Presiden Catalonia yang berada di pengasingan di Brussel yang juga pemimpin partai JxCat, Carles Puidgemont, mengataka hasil pemilu sela ini menunjukkan kekuatan rakyat Catalonia. "Sebagai presiden Catalonia saya mengucapkan selamat kepada rakyat atas hasil yang tidak terbantahkan ini," kata dia.

"Kita telah memenangi pemilu ini dalam situasi yang luar biasa, dimana para kandidat berada di penjara, pemerintah di pengasilan dan tanpa sumber daya yang diperlukan sebagai negara," kata dia.

Wakil Presiden Catalonia, Oriol Junqeras, yang juga pemimpin partai ERC, saat ini berada di dalam penjara bersama dua pemimpin pro-kemerdekaan lainnya.

Marta Rovira, orang nomor di partai ERC mengatakan hasil pemilu ini menunjukkan bahwa rakyat Catalonia telah memberikan suara bagi berdirinya sebuah republik. "Sekarang saatnya membuka kembali parlemen dan menghormati mandat demokrtis," kata dia.

Namun, Ines Arrimadas, pemimpin partai Citizen, mengatakan sebaliknya, Menurut dia, semakin besarnya jumlah kursi yang mereka peroleh merupakan pesan yang jelas bahwa mayoritas rakyat Catalonia ingin tetap bersatu dengan Spanyol. Menurut dia, ini untuk pertama kalinya sebuah partai konstitusionalis memenangi pemilu Catalonia.

Masa depan Catalonia masih sangat tergantung pada bagaimana partai-partai pro-kemerdekaan mengambil sikap. Puidgemot akan menghadapi penangkapan apabila ia kembali ke Spanyol. Pada saat yang sama, perbedaan pendapat antara dirinya dengan Junqueras semakin tampak, dimana Junqueras tampak mengambil posisi yang lebih moderat terhadap tuntutan untuk merdeka.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home