Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:24 WIB | Minggu, 05 Maret 2017

Pasukan Irak Lakukan Pergerakan ke Pusat Kota Mosul

Ilustrasi. Pasukan Irak. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pasukan keamanan Irak mengalami kemajuan seperti yang mereka rencanakan dalam perang yang ditujukan untuk merebut kembali Mosul dari kelompok ISIS tetapi pertempuran tersebut akan lebih sengit setelah mereka berhasil mendekati pusat kota itu, ungkap jenderal Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (04/03).

“Kami berada pada momentum yang tepat dan kami sepenuhnya yakin bahwa warga Irak belajar setiap hari dan kami sepenuhnya yakin bahwa mereka akan terus maju,” ungkap Brigadir Jenderal Rick Uribe, wakil jenderal untuk koalisi pasukan darat.

Koalisi yang dipimpin AS telah memberi pelatihan dan bantuan udara secara berkelanjutan kepada pasukan keamanan Irak dalam upaya perlawanan mereka untuk mengusir ISIS dari negara itu, dan beberapa perang berdarah telah terjadi di Mosul sejak operasi dimulai di sana pada Oktober.

Irak merebut kembali wilayah timur bekas pangkalan ISIS dan membuat pergerakan ke bagian barat yang berpenduduk padat.

Namun, “tidak membuat kesalahan dalam pergerakan itu, saat kami mendekati pusat kota, pertempuran akan lebih sengit dan berat karena medan yang akan dimasuki oleh pasukan keamanan Irak,” ujar Uribe kepada AFP dalam sebuah wawancara via telepon dari Baghdad.

Letnan Jenderal Angkatan Darat Stephen Townsend, yang memimpin koalisi anti-ISIS, mengatakan pekan ini bahwa sekitar 2.000 ekstremis masih di dalam dan sekitar Mosul barat.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home