Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:30 WIB | Minggu, 26 Februari 2017

Menlu Saudi Kunjungi Irak untuk Pertama Kali Sejak 2003

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Juberi. (Foto: Reuters)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al Juberi mengadakan serangkaian pembicaraan di Baghdad dengan para pemimpin Irak, Sabtu (25/2), dalam kunjungan pertama sejenis oleh seorang kepala diplomat dari kerajaan tersebut sejak 2003.

Perdana Menteri Irak Haider al Abadi menerima Jubeir dan rombongan delegasinya, kata kantornya dalam sebuah pernyataan, sebuah langkah penting dalam upaya menormalisasi hubungan dingin kedua negara.

Kedua belah pihak "membahas kerja sama di berbagai bidang, termasuk memerangi kelompok ISIS," katanya, sambil mengatakan bahwa pasukan Irak sedang berperang di utara kota Mosul.

Menteri Arab Saudi itu juga bertemu dengan Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim al Jaafari, yang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kunjungan itu adalah "yang pertama oleh seorang menteri luar negeri Arab Saudi sejak 2003."

"Kunjungan ini bertujuan untuk membangun kembali hubungan dengan cara yang lebih stabil dari sebelumnya," kata seorang pejabat senior pemerintah kepada AFP tanpa menyebutkan nama. "Ini kunjungan pertama."

Abadi, yang menjabat sejak 2014, sudah mendukung upaya untuk memperbaiki hubungan yang buruk, namun proses normalisasi tersebut menghadapi banyak kendala.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home