Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 16:02 WIB | Rabu, 29 Januari 2014

Pejabat Taiwan akan ke China untuk Pembicaraan Bersejarah

Menteri Urusan China Daratan Taiwan Wang Yu-chi. (Foto: VOA)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM - Pembuat kebijakan senior Taiwan mengenai isu-isu China menyatakan akan melakukan perjalanan ke China daratan bulan depan untuk mengadakan kontak tingkat tinggi yang pertama antara kedua pihak sejak 1949.

Menteri Urusan China Daratan Taiwan, Wang Yu-chi, pada Selasa (28/1) mengatakan perjalanannya “penting” untuk lebih melembagakan hubungan China-Taiwan, yang menjadi hangat dalam beberapa tahun terakhir.

Wang, seperti diberitakan VOA, mengatakan kepada wartawan di Taipei pada Selasa, kunjungannya pada 11 Februari itu tidak akan membahas isu-isu politik yang sensitif, tetapi akan membantu membentuk mekanisme komunikasi untuk menghindari salah paham. Ia menambahkan, hubungan ekonomi akan menjadi fokus pertemuan itu.

Tetapi, sebagian anggota parlemen oposisi menyampaikan keprihatinan atas lawatan itu.

Menanggapi pernyataan bersalah baru-baru ini terhadap pembangkang China, Xu Zhiyong, anggota senior oposisi Hong Cai-Long mengatakan Wang harus menekankan bahwa rakyat Taiwan sangat prihatin mengenai HAM di China.

Di China, seperti dilaporkan Economic Times, Wang Yu-chi akan bertemu Zhang Zhijun, dari Kantor Urusan Taiwan Daratan China. Pertemuan kedua pejabat itu dijadwalkan digelar di Nanjing, di bagian timur Provinsi Jiangsu.

Taiwan dan China menandatangani Economic Cooperation Framework Agreement pada 2010, yang disebut-sebut sebagai langkah awal dari rekonsiliasi sesudah China dan Taiwan terpecah pada 1949. (VOA/economic times)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home