Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 21:22 WIB | Rabu, 18 Juni 2014

Pemerataan Suplai Air, Isu Utama di Tepi Barat dan Gaza

Anak-anak Palestina mengantre air minum. (Foto: thirstingforjustice.org)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – “Orang-orang Palestina haus akan keadilan air.” Inilah pernyataan yang baru-baru ini dikeluarkan kelompok pencari fakta yang bulan ini mengunjungi Yerusalem, Tepi Barat, dan Gaza untuk lebih memahami isu-isu kritis air dan sanitasi di Palestina.

Terdiri dari sepuluh anggota kelompok referensi internasional Jaringan Ekumenis Air (Ecumenical Water Network/EWN), jaringan gereja dan organisasi Kristen yang mempromosikan akses masyarakat terhadap air di seluruh dunia. Kelompok ini menghabiskan hampir sepuluh hari di daerah, berinteraksi dengan para pemimpin Israel dan Palestina , organisasi non-pemerintah, dan para pemimpin gereja.”

Jaringan ini merupakan inisiatif global dari Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC).

Program Eksekutif EWN, Dinesh Suna mengatakan, “Perjalanan itu membuka mata bagi saya. Tidak pernah saya melihat sejelas ini tentang tingkat kesenjangan di atas air.”

“Masalahnya bukan kelangkaan air,” katanya. “Meskipun daerah gersang, Israel dan Palestina keduanya menerima cukup curah hujan. Ramallah mendapatkan lebih banyak hujan per tahun dari London! Tapi warga Palestina mendapat hanya 70 liter air per hari, sedangkan rata-rata warga London mendapat sekitar 150 liter per hari), dan rata-rata warga Israel lebih dari 300 liter per hari.”

Pernyataan ini berfokus pada kurangnya air bersih dan sanitasi yang memadai di Tepi Barat dan Gaza. Ini tantangan besar yang dihadapi warga dan petani Palestina. Di antara faktor-faktor lain, kontrol Israel atas akses ke air di Tepi Barat, akuisisi air tanah yang berharga oleh para pemukim Israel, kerangka hukum yang rumit dan mengecewakan, larangan terhadap penggunaan kepada warga Palestina pada air sumur untuk meningkatkan tanaman dan hewan, dan larangan terhadap penduduk Tepi Barat membangun pasokan air baru dan pengolahan air limbah.

“Di Gaza,” pernyataan itu mengatakan, “situasinya bahkan mengerikan,” dengan kontaminasi mikroba dari 80 persen air minum, 95 persen air tanah tidak dapat digunakan lagi oleh intrusi air laut, air tanah yang terkontaminasi, dan fasilitas desalinisasi yang tidak memadai.

“Orang-orang Palestina diabaikan hak asasi mereka yang diakui secara internasional atas air yang cukup aman, mudah diakses, dan terjangkau. Hak mereka atas sanitasi yang tepat yang memadai juga terabaikan,” pernyataan itu menyimpulkan.

Hanya penyelesaian masalah ekuitas dan kepercayaan tentang sumber daya air, menurut EWN, yang “akan menumbuhkan kepercayaan dan secara dramatis meningkatkan kemungkinan bahwa Israel dan Palestina bisa menyelesaikan masalah sulit lainnya yang saat ini memisahkan mereka.”

Untuk menghadapi “realitas menyedihkan” atas ketidakadilan air dalam lanskap suci tiga tradisi keagamaan besar, EWN berpendapat, tokoh agama dan lain-lain harus “meyakinkan orang-orang yang memegang kekuasaan atas perdagangan dan pemerintah bahwa Allah menuntut semua anak-anaknya untuk melakukan keadilan dan mencari perdamaian. “ (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home