Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 11:30 WIB | Jumat, 08 April 2016

Pemerintah Anggarkan Rp 35 Miliar bagi Olimpiade 2016

Ilustrasi: Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot Sulistiantoro Dewa Broto pada acara penyerahan bonus secara simbolis bagi para peraih medali emas SEA Games 2015, di Halaman Kantor Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora), Jakarta, Kamis (9/7/2015). (Foto: Dok. satuharapan.com/ Prasasta Wïdiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 35 miliar untuk atlet dari berbagai cabang yang akan bertanding di pesta olahraga dunia, Olimpiade 2016 di Rio De Janeiro, Brasil.

“Kami anggarkan 35 miliar untuk Olimpiade. Untuk nutrisi dan apapun yang kurang di infrastruktur. Untuk prestasi bagus, semua itu harus terlengkapi,” kata Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot Sulistiantoro Dewa Broto dalam konferensi pers, hari Kamis (7/4) di Media Center Kemenpora, Jl. Gerbang Pemuda, Senayan, Jakarta.

Gatot menambahkan Indonesia meloloskan 33 atlet dari sepuluh cabang olahraga.  “Tidak ada waktu lagi untuk istirahat. Poinnya adalah peningkatan prestasi. Olimpiade adalah salah satu fokus perhatian kami,” kata Gatot.

Dalam catatan Kementerian Pemuda dan Olahraga, pada Olimpiade 2012 di London, Inggris, kala itu Indonesia menduduki rangking 63 dengan perolehan satu perak dan satu perunggu dari cabang angkat besi. Indonesia mengikuti delapan cabang olahraga dengan 22 atlet yang lolos kualifikasi. 

Sementara itu, Asisten Deputi Standardisasi dan Infrastruktur Olahraga Samsudin mengatakan pemerintah akan memfasilitasi rehabilitasi lapangan olahraga desa pada 2016. "Meliputi lapangan bola voli, lapangan bulu tangkis, lapangan panjat dinding, lapangan futsal, dan lapangan sepakbola. Silahkan dipelajari alur, persyaratan umum, dan persyaratan khususnya," kata Samsudin.

Berikut cabang olahraga dan nama atlet yang ditargetkan dapat mengikuti Olimpiade:

1. Atletik: Maria Londa

2. Panahan: Ega Agatha dan Ika Yuliana

3. Cycling BMX: Elga Karisma

4. Voli Pantai: Ade Chandra, Rendy Ferdian, Fachriansyah, Ashfiya

5. Dayung: Memo, Ichram Ardhi Ishadi, Mariam Magdalena Wahyuni

6. Judo: Ikhsan Apriyadi, Horas Manurung, Ni Kadek Anny Pandini

7. Renang: Triaji Sidiq Fauzi, I Gede Siman, Glenn Victor, Fadlan Prawira, Angel Gabriela Yus

8. Taekwondo: Renaldi A, Mariska Halida

9. Angkat Besi: Surohmad, Furqon, Eko Yuli Irawan, M Hasbi, Deni, I Ketut Aryana, Triyatno, Imam Jamaludin, Sriwahyuni, Sarah Anggraeni, Dewi Safitri, Shinta Darmariyani, Diah Ayu Permata Sari

10: Bulutangkis: menargetkan lolos 12 atlet yang terdiri dari tujuh atlet putra dan lima atlet putri. (kemenpora.go.id).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home