Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:45 WIB | Senin, 04 November 2019

Pemimpin ASEAN Tingkatkan Bantuan bagi Pengungsi Rohingya

Para pemimpin 10 negara anggota ASEAN memulai serangkaian KTT di dekat ibu kota Thailand, Bangkok, pada hari Sabtu (2/11/2019). (Foto: theasian.asia)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM – Para pemimpin negara-negara anggota ASEAN sepakat untuk melakukan lebih banyak guna membantu menyelesaikan isu pengungsi Rohingya.

Para pemimpin 10 negara anggota ASEAN memulai serangkaian KTT dekat ibu kota Thailand, Bangkok, pada hari Sabtu (2/11/2019).

Kantor Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha, yang mengetuai KTT itu, mengatakan perdana menteri menekankan dalam pertemuan itu bahwa ASEAN harus memainkan peran dalam membantu menyelesaikan isu Rohingya.

Pasukan keamanan Myanmar melancarkan pemberantasan militan-militan di antara Muslim Rohingya pada 2017. Lebih dari 700.000 warga Rohingya sejak saat itu telah mengungsi ke Bangladesh.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan para pemimpin sepakat untuk meningkatkan keterlibatan ASEAN guna membantu Pemerintah Myanmar merepatriasi para pengungsi dan memberikan dukungan kemanusiaan.

ASEAN menahan diri dari mengkritik keras Myanmar berdasarkan prinsip ASEAN tidak campur tangan dalam urusan dalam negeri negara-negara anggota. Namun, sejumlah anggota mendesak blok itu agar melakukan lebih banyak terkait isu ini karena nyaris tidak ada kemajuan dalam repatriasi pengungsi selama dua tahun terakhir. (nhk.or.jp)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home