Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:16 WIB | Kamis, 18 September 2014

Pemimpin Mafia Italia Ditangkap di Argentina

Peta kekuasaan mafia di Italia (Foto : forum.ls-rp.com)

PUERTO IGUAZU, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin kelompok mafia Italia, Pantaleone Mancuso yang buron akibat dakwaan pembunuhan, ditangkap di Argentina hari Kamis (18/9), kata sumber pejabat Argentina kepada VICE News.

Penangkapan Pantaleone Mancuso, yang bereputasi sebagai bos kelompok mafia paling berbahaya, Ndranghetta di Calabria, Italia, membuktikan bahwa kelompok mafia Italia masih aktif di Argentina, yang berperan sebagai eksportir kokain ke luar Eropa.

Mancuso ditangkap ketika mencoba keluar Argentina melalui Jembatan Internasional Tancredo Neves di Kota Puerto Iguazu, dekat perbatasan Brazil. Area ini merupakan pusat penyelundupan narkoba.

Sumber dari Polisi Militer Argentina yang mengawasi perbatasan, kepada VICE News Mancuso berpergian menggunakan identitas palsu bernama Lucca de Bartolo.

Mancuso menyamar sebagai turis yang berkunjung ke kota Brazil, Foz de Iguazu, di seberang perbatasan Argentina. Foto yang diterima VICE News, menunjukan bos mafia itu diborgol oleh dua petugas keamanan Argentina.

Otoritas Argentina tidak mengetahui berapa lama Mancuso berada di Argentina, ia telah buron selama setahun. Media Argentina telah memberitakan dugaan keberadaan Mancuso di Argentina sejak Kamis (11/9), namun aparat keamanan Argentina telah menghentikan pencarian Mancuso sejak Jumat (29/9).

“The Engineer,” sebutan Mancuso, buron akibat dakwaan pembunuhan dua anggota kelompok mafia lainnya.

Otoritas Argentina telah memperingatkan Interpol terkait penangkapan Mancuso.Ia dipindahkan ke penjara dengan keamanan maksimum di Buenos Aires, di mana ia akan ditahan sampai proses ekstradisi ke Italia selesai. Mancuso ditangkap di Puerto Iguazu tanpa surat perintah penangkapan internasional, namun Interpol telah mengeluarkan status red alert untuk memperlancar proses ekstradisi.

“Kelompok kejahatan terorganisasi telah menyesuaikan metode untuk menghindari pemerintah,” kata Sekretaris Keamanan Federal Argentina Sergio Berni kepada VICE News. “Satu-satunya cara untuk mengatasi ancaman mafia adalah melakukan kerja sama internasional, pelatihan dan profesionalisme agen intelijen,” kata Berni.

Ndrangheta merupakan kelompok mafia paling berbahaya di Italia, yang dilaporkan beroperasi di Argentina sejak 2007. Kelompok ini juga aktif di Jerman dan Swiss. (VICE News)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home