Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:16 WIB | Minggu, 15 November 2015

Pemprov DKI Hapus Denda Pajak Kendaraan

Ilustrasi. Pengemudi kendaraan pribadi melakukan pembayaran di Gardu Tol Otomatis (GTO) Pondok Ranji, Jakarta, Jumat (13/11). Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berupaya menekan kemacetan di jalan tol dengan cara menambah layanan Gerbang Tol Otomatis (GTO). (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pelayanan Pajak (DPP) DKI mengeluarkan kebijakan penghapusan sanksi administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). 
     
Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta Nomor 2829 Tahun 2015 Tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Penghapusan Sanksi Administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). 
     
"Ini dilakukan untuk mendorong wajib pajak agar melunasi hutang pajak serta mengoptimalkan penerimaan PKB dan BBN-KB, sekaligus meningkatkan pajak daerah, terutama PKB," kata Kepala DPP DKI Agus Bambang Setyowidodo dalam rilis yang diterima, hari Minggu (15/11). 
     
Menurut dia, penghapusan sanksi administrasi tersebut dilakukan dengan cara menyesuaikan sistem PKB dan BBNKB terhadap para wajib pajak PKB dan BBNKB yang telah berakhir masa pajaknya. 
     
"Apabila melakukan pembayaran PKB atau BBNKB setelah 31 Desember 2015, maka akan dikenakan sanksi administrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perpajakan daerah," ujar Agus. 
     
Dia menuturkan pelayanan penghapusan sanksi administrasi PKB dan BBNKB dilaksanakan di Kantor Unit Pelayanan PKB dan BBNKB di seluruh Kantor Bersama Samsat yang dimulai pada 16 November sampai dengan 31 Desember 2015. 
     
Untuk BBNKB, karena sifat kendaraan yang "mobile" dan dengan cepat berpindah tangan, maka pihaknya menghimbau agar memanfaatkan kesempatan itu untuk membayar biaya balik nama, terutama bagi pemilik kendaraan "second hand" dapat mengganti nama orang lain yang ada di BPKB dan STNK-nya dengan namanya sendiri atau nama pemilik kendaraan saat ini. 
     
"Hal ini berguna untuk menjadi jaminan perlindungan keamanan bagi pemilik kendaraan, karena data kendaraan sudah berpindah ke pemilik asli, bukan pemilik terdahulu," tutur Agus. 
     
Selanjutnya, dia mengungkapkan Kepala DPP dapat menghapus atau mengurangi sanksi administrasi PKB dan BBNKB berupa bunga yang terhutang sesuai ketentuan menurut Peraturan Daerah, dalam hal sanksi tersebut dikenakan karena kekhilafan wajib pajak atau bukan karena kesalahannya. 
     
Keputusan itu dilakukan berdasarkan Pasal 51  Peraturan Gubernur Nomor 168 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor juncto Pasal 48 Peraturan Gubernur Nomor 169 Tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemungutan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. 
     
"Kami menghimbau seluruh masyarakat pemilik kendaraan yang terdaftar di Jakarta agar memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini, sehingga pembayaran PKB yang selama ini tertunda dapat direalisasikan," ungkap Agus. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home