Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 13:17 WIB | Jumat, 21 Maret 2014

Pemprov DKI Sulap Kalijodo Jadi RTH

Kawasan hutan kota Srengseng, Jakarta Barat. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kawasan Kalijodo, Tambora, Jakarta Barat, sejak puluhan tahun merupakan kawasan prostitusi, judi, dan miras, akan disulap Pemprov DKI Jakarta, menjadi ruang terbuka hijau (RTH). Pembangunan RTH tersebut akan melibatkan Pemkot Administrasi Jakarta Barat dan Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, warga yang terkena penggusuran disediakan tiga lokasi rumah susun dari Pemkot Jakarta Utara.

Walikota Jakarta Barat, Anas Effendi mengatakan, permasalahan Kalijodo hanya sebatas 2 RT yang menjadi tanggungjawabnya, selebihnya menjadi tanggung jawab Jakarta Utara. "RT 08 menjadi kawasan perdagangan dan RT 07 kawasan prostitusi," katanya, di Jakarta, Kamis (20/3).

Sementara itu, Sekretaris Camat Tambora, Abdul Chalik mengatakan, berdasarkan data yang dimiliki saat ini warga di dua RT tersebut sebanyak 178 kepala keluarga (KK), 45 bangunan rumah, 88 bangunan semi permanen. Rumah-rumah tersebut diakuinya sebagian ada yang memiliki izin, sedangkan sebagian lainnya tidak. "Rencananya itu yang akan dibebaskan, mengenai kapan waktunya tergantung pimpinan," Abdul menjelaskan.

Abdul menambahkan, pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada warga bahwa akan ada pembongkaran dan pembebasan lahan untuk dijadikan RTH. Namun, sejauh ini belum ada tanggapan dari warga. "Warga sudah kita surati, jadi tidak ada alasan jika warga tidak tahu," ujar Abdul.

Ketua RT 07, Surahman, enggan berkomentar perihal rencana perubahan Kalijodo menjadi RTH. Menurutnya, keputusan ada di tangan warga. "Silakan tanya warga saya langsung, saya enggan berkomentar," Surahman mengilah.

Direlokasi Ketiga Rusun

Terkait rencana penggusuran kawasan Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara yang akan disulap menjadi RTH, Pemkot Jakarta Utara akan menyiapkan tiga lokasi rumah susun bagi masyarakat. Ketiga lokasi itu Rusun Kamal, Marunda, dan Cakung, Jakarta Timur.

Sekretaris Kota Pemkot Jakarta Utara, Junaedi mengatakan, warga Kalijodo yang rumahnya terkena gusuran ditempatkan ke sejumlah Rusun di Jakarta Utara dan Jakarta Timur, agar kualitas hidup mereka lebih baik.

Junaedi menambahkan, pihaknya juga akan menyiapkan lapangan pekerjaan bagi warga Kalijodo yang kehilangan pekerjaannya akibat tempat kerjanya digusur. (beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home