Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:07 WIB | Senin, 11 April 2016

Pemuda Papua Ikut Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara 2016

Poster Pertukaran Pemuda Antar Negara 2016. (Foto; kemenpora.go.id)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua menyatakan 50 pemuda Papua akan mengikuti seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) tahun 2016. Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Pemuda Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Carolina Ivak, di Jayapura, Senin (11/4), mengatakan seleksi PPAN ini dimulai Selasa (12/4).

"Pada Senin (11/4), 50 pemuda dikumpulkan dan mendapat arahan serta bimbingan dari para alumni PPAN sebelumnya," katanya.

Kepala Disorda Provinsi Papua yang baru, Yusuf Yambe Yabdi, dijadwalkan membuka seleksi PPAN ini. "Syarat yang wajib diikuti bagi peserta seleksi seperti PPAN adalah mampu berbahasa Inggris dan menguasai pengetahuan umum," kata Carolina Ivak.

Dia mengatakan, tes pertama diisi dengan tes bahasa Inggris, kemudian tes psikologi, yang menyaring peserta menjadi 10 orang.

"Peserta yang mendaftar untuk mengikuti program PPAN 2016 bukan saja yang tinggal di Papua, tapi anak-anak Bumi Cenderawasih yang sekolah maupun kuliah di Pulau Jawa, juga ikut mendaftar dan mengikuti seleksi mulai Senin (11/4)," katanya.

Dia mengatakan, program PPAN ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Pemuda Dan Olahraga, dan beberapa negara yang telah menjalin komitmen kuat khususnya dalam bidang kepemudaan.

"Kerja sama ini, guna mempererat hubungan persahabatan melalui promosi budaya dan pendidikan oleh para pemuda terpilih dari masing-masing provinsi di Indonesia," katanya lagi.

Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan pemerintah masing-masing daerah di Indonesia. Untuk skema pendanaan berbagai program pertukaran tersebut ditangani Pemerintah Indonesia, bersama pemerintah negara-negara sahabat dan organisasi lain yang menjadi mitra dari program yang bersangkutan.

Pada tingkat provinsi, pengelolaan administrasi program pertukaran tersebut, secara resmi ditangani oleh Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) masing-masing provinsi, yang bekerja sama dengan mitra utamanya Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) sebagai organisasi perhimpunan alumni PPAN. Program yang disediakan dalam PPAN 2016 yakni, Pemagangan Pemuda Indonesia Australia (PPIA), Kerja Sama Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM), Pemagangan Pemuda Indonesia Korea Selatan. (Ant/mahasiswanews.com)

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home