Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 16:56 WIB | Senin, 30 Maret 2015

Pendekatan pada Papua adalah Kesejahteraan Bukan Keamanan

Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri RI Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan pendekatan yang digunakan Pemerintahan Presiden Joko Widodo kepada Tanah Papua adalah pada aspek kesejahteraan, bukan keamanan. Jadi, menurut dia, terkait jumlah personil TNI maupun Kepolisian di pulau paling timur Indonesia itu, dilakukan sesuai kebutuhan.

“Pada dasarnya, keberadaan TNI dan Kepolisian di Papua itu disesuaikan dengan kebutuhan, tapi yang perlu ditekankan adalah pendekatan pemerintah terhadap isu Papua sejak awal ada pada aspek kesejahteraan bukan keamanan,” kata Retno kepada satuharapan.com, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (30/3).

Menurut dia, pendekatan pada aspek kesejahteraan itu betul-betul tengah ditunjukkan Presiden Jokowi, terbukti saat peryaan Hari Natal 2014 silam Jokowi berada di Bumi Cenderawasih.

“Seperti yang Pak Jokowi katakan, beliau akan mengunjungi papua tiga sampai empat kali dalam setahun, sekarang juga kita sedang persiapan ke sana,” kata Retno.

Mengenai pendekatan yang digunakan Pemerintah Indonesia ini, Menlu mengatakan telah mengungkapkan hal tersebut kepada Perdana Menteri Peter O'Neill saat kunjungan kerja ke Papua Nugini beberapa waktu silam.

“Jadi saya kira mereka paham apa yang kita lakukan, situasinya bagaimana dan arahnya kemana,” ujar Retno.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home