Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:47 WIB | Kamis, 26 Mei 2016

Pengetahuan Pengasuhan Pengaruhi Perkembangan Anak

Ilustrasi. (Foto: linkedin.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Peneliti dan penulis mengenai pengasuhan, Heather Biggar Tomlinson, mengatakan pengetahuan pengasuhan yang dimiliki oleh orang tua mempengaruhi perkembangan anak.

Program pengasuhan merupakan hal yang sangat penting untuk semua ranah pendidikan bagi anak. Anak yang mendapatkan pengasuhan yang baik menghasilkan anak yang memiliki sifat yang baik, bahasa yang sopan, sehat.

"Jadi, keahlian pengasuhan sangat mempengaruhi perkembangan anak," kata Tomlinson dalam diskusi di Jakarta, Rabu (25/5).

Dia menambahkan, aspek yang sangat mempengaruhi perkembangan anak adalah keluarga. Komunitas dan negara mempunyai peran penting dalam membuat panduan apa yang harus dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anak.

Untuk itu, perlu satu badan terintegrasi yang menaungi mengenai keterampilan pengasuhan tersebut.

 "Orang tua atau pengasuh utama lainnya, memiliki pengaruh langsung dan paling kuat pada kesejahteraan anak terkait perkembangan fisik, kognitif, psikososial dan emosionalnya."

Agar perkembangan anak optimal, setiap anak membutuhkan sedikitnya satu pengasuh utama, yang dapat dia percaya dan berhubungan erat.

Namun, orang tua bukanlah satu-satunya yang bertanggung jawab atas kesejahteraan anak. Pemerintah dan masyarakat juga berperan penting, karena interaksi anak dengan keluarganya dan lingkungan yang lebih luas akan membentuk perkembangan anak tersebut.

Konvensi Persatuan Bangsa-bansa tentang Hak Anak pada 1990, dan Peraturan Presiden tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif (PAUD HI), menetapkan kerangka kerja yang menyerukan keterlibatan pemerintah, lembaga dan masyarakat.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga, Drs Sukiman MPd, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan 5.000 institusi pendidikan di Tanah Air, untuk memberikan pendidikan keluarga.

Pendidikan keluarga, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan keluarga.

"Untuk tahun pelajaran baru nanti, orang tua akan dilibatkan. Kami akan memberikan semacam peralatan, yang mana nantinya akan terjadi interaksi yang baik antara orang tua dan sekolah," kata Sukiman. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home