Loading...
DUNIA
Penulis: Kartika Virgianti 01:02 WIB | Sabtu, 17 Agustus 2013

Penghargaan Jurnalis dari Ulrich Wickert Foundation dari Jerman

Penghargaan Jurnalis dari Ulrich Wickert Foundation dari Jerman
Pemenang dan nominasi projek media Plan berfoto bersama Ulrich Wickert (ke tiga dari kanan) di panggung. (foto: radiojojo.de).
Penghargaan Jurnalis dari Ulrich Wickert Foundation dari Jerman
50 negara berkembang yang merupakan bagian dari program Plan. (foto: planusa.org)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Setiap tahun Ulrich Wickert Foundation memberikan penghargaan untuk artikel terbaik yang memberitakan permasalahan tentang hak anak-anak. Yang menarik adalah penghargaan jurnalistik ini didedikasikan bagi anak-anak dari negara berkembang yang memperjuangkan hak-hak mereka dengan ambil bagian dalam projek media Plan.

Ulrich Wickert adalah seorang jurnalis terkenal dari Jerman lahir di Tokyo, 2 Desember 1942. Ia seorang penyiar terbaik di Jerman yang juga merupakan pendiri Ulrich Wickert Foundation.

Plan didirikan pada 1937 oleh Jurnalis Inggris, John Langdon Davis. Ia membuktikan apa yang bisa dilakukan jurnalis untuk menyempurnakan tujuan bersama. Bersama Ulrich Wickert Foundation mampu mewujudkan komitmen terhadap hak anak-anak, dan pada saat yang sama memberikan dorongan baru.

Ada tiga kategori penghargaan jurnalis Ulrich Wickert Foundation. Pertama, bagi jurnalis Internasional dari 50 negara program Plan, termasuk Indonesia, yang memberitakan hak anak-anak. Kedua, bagi jurnalis dari Jerman atau Austria, artikel secara khusus mengenai hak anak-anak perempuan di salah satu dari 50 negara Plan program. Ketiga, hadiah spesial diberikan bagi kelompok anak-anak atau remaja yang mengadvokasi hak anak-anak dalam projek media Plan pada salah satu dari 50 negara.

Penjurian diputuskan dengan menekankan pada kedalaman materi, keberimbangan dan sejauh mana karya tersebut bisa memberikan pemahaman akan pentingnya penerapan hak setiap anak. Karya harus bisa menginspirasi pembaca untuk ikut mendukung perbaikan kehidupan dalam jangka panjang, bagi anak perempuan maupun laki-laki khususnya di negara-negara berkembang.

Setiap jurnalis berhak mengirimkan karyanya yang sudah dipublikasikan, baik di media massa cetak, TV, radio maupun media online. Karya jurnalistik tersebut harus sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Tanggal penutupan pengiriman karya tersebut pada 31 Maret 2013. Pemberian penghargaan menggunakan momentum Hari Anak Perempuan Sedunia (International Girls day) pada musim gugur tiap tahunnya, tahun ini jatuh pada 10 Oktober 2013 di Berlin. (ulrich-wickert-stiftung.de)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home