Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 12:41 WIB | Senin, 17 Februari 2014

Pengkhotbah Ular Keselamatan Meninggal Akibat Gigitan Ular

Jamie Coots dalam sebuah pelayanan ibadah di gereja dengan membawa ular berbisa. (Foto: abcnews.go.com)

KENTUCKY, SATUHARAPAN.COM – Seorang pengkhotbah "Snake Salvation" (Ular Keselamatan), Jamie Coots, meninggal karena gigitan ular derik setelah menolak perawatan medis. Demikian disiarkan CNN.

Disebutkan bahwa pengkhotbah dari gereja Pentakosta itu diduga digigit ular pada hari Sabtu (15/2) ketika melayani jemaat di Middlesboro, negara bagian Kentucky, Amerika Serikat. Dia digigit di tangan kanan, menurut berita di Lexington Herald. Personil darurat dipanggil ke gereja tersebut sekitar 8:30, tapi Coots sudah meninggal di rumah pada saat mereka tiba.

Mereka berusaha untuk merawat dia di rumahnya dan memperingatkan dia akan bahaya gigitan itu, tetapi dia menolak untuk dibawa ke rumah sakit. Pihak berwenang kemudian menerima panggilan menunjukkan bahwa dia telah meninggal.

Coots adalah pendeta dari Full Gospel Tabernacle di gereja Nama Yesus di Middlesboro, menurut ABC. Dia dan keluarganya pernah ditampilkan di reality show National Geographic sebagai "Snake Salvation" (penyelamat ular).

Seri realitas berfokus pada orang-orang percaya tentang bagian Alkitab tertentu yang menunjukkan bahwa gigitan ular beracun tidak akan membahayakan orang-orang yang telah diurapi Tuhan. Coots sebelumnya kehilangan setengah jari akibat menggigit ular yang ditangkap di antara 74 ular yang dipelihara  di rumahnya. Namun praktik memelihara dan penangkapan ular adalah ilegal di sebagian besar negara itu, dan masih terjadi di daerah-daerah seperti di pedesaan di Selatan, kata CNN.

"Ketika Anda merasakan urapan dan Tuhan menggerakkan Anda untuk mengambil ular, bahkan jika salah satu dari ular itu menancapkan taring ke dalam diri Anda, Anda tidak akan menderita," kata salah satu pemeran acara itu, Andrew Hamblin, kepada BuzzFeed, baru-baru ini  dalam sebuah wawancara seperti dikutip Huffington Post.

National Geographic merilis sebuah pernyataan tentang kematian Coots  pada Deadline.com, dan mengatakan, “National Geographic bergabung dengan keluarga, teman dan masyarakat dalam suasana berduka karena kehilangan Pastor Jamie Coots. Selama mengikuti Pastor Coots untuk serial kami  “Snake Salvation”, kami terus-menerus diserang oleh ketaatan pada keyakinan agamanya, meskipun dia sering menghadapi bahaya kesehatan dan hukum. Risiko itu selalu layak untuk dia dan jemaatnya  sebagai sarana untuk menunjukkan iman mereka yang tak tergoyahkan. Kami merasa terhormat untuk diizinkan mendapat akses unik kepada orang seperti Pastor Jamie dan jemaatnya selama acara kami, dan memberikan konteks untuk metodenya dalam ibadah. Perasaan kami bersama keluarganya di masa sulit ini.

Pernah Ditangkap

Sementara kantor berita kantor berita Associated Press, seperti dikutip Huffington Post menyebutkan, pada Januari 2013, Coots tertangkap ketika mengangkut tiga ular derik dan dua ular jenis copperheads melalui Knoxville.  Pihak pejabat Tennessee Wildlife menyita ular itu, dan Coots mengaku bersalah atas kepemilikan ilegal satwa liar. Dia diberi hukuman masa percobaan satu tahun tanpa pengawasan.

Coots mengatakan, dia membutuhkan ular untuk alasan agama, mengutip ayat dalam Injil Markus (16:17-18) di Alkitab  yang berbunyi, "Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku, mereka akan berbicara dalam bahasa-bahasa yang baru bagi mereka, mereka akan memegang ular, dan sekalipun mereka minum racun maut, mereka tidak akan mendapat celaka; mereka akan meletakkan tangannya atas orang sakit, dan orang itu akan sembuh."

Coots mengatakan bahwa dia mengambil bagian itu keyakinan itu. "Kami benar-benar percaya bahwa mereka ingin kita untuk mengambil ular," kata Coots  kepada  Associated Press pada bulan Februari 2013. "Kami sudah menangani ular selama 20 atau 21 tahun terakhir."

Setelah digigit pada hari Sabtu malam, Coots menjatuhkan ular itu, tapi kemudian mengambil nya kembali dan melanjutkan pelayanan. Dalam beberapa menit, kata Cody Winn,  pengajar lainnya, Coots menuju ke kamar mandi.

Putranya, Cody, mengatakan kepada stasiun televisi  bahwa ayahnya sedikit pernah delapan kali digigit ular, tetapi tidak pernah mengalami reaksi parah seperti itu. Cody Coots mengatakan, dia pikir gigitan itu akan menjadi seperti  yang dialami semua orang lain.

"Kita akan pulang, dia akan berbaring di sofa, dia akan terluka, dia akan berdoa untuk sementara waktu dan dia akan menjadi lebih baik. Itulah yang terjadi setiap kali, kecuali kali ini, hanya begitu cepat dan itu gila, itu benar-benar gila," kata Cody Coots.

Kasus Lain

Menurut Associated Press, pada tahun 1995, Melinda Brown (28 tahun) dari Parrottsville, Tennesse, meninggal setelah digigit di gereja Coots oleh seekor ular derik kayusepanjang empat kaki. Kerabatnya membantah bahwa ibu dari lima  orang itu telah memegang ular yang menggigitnya. Mereka juga tidak setuju dengan saksi yang mengatakan bahwa dia menolak perawatan medis, karena dia menderita efek racun selama dua hari di rumah Coots .

Pengacara The Bell County pada saat itu ingin mengadili di bawah hukum negara 1942 yang melarang menggunakan dan menampilkan ular selama ibadah. Tapi hakim menolak untuk menandatangani pengaduan kriminal.

"Jika pengadilan berpikir bahwa pengadilan akan bertindak untuk mencegah penanganan ular di dalam ibadah gereja, keputusan saya akan berbeda," kata hakim  Bell County, James Bowling Jr, dalam tulisan kepada jaksa wilayah. "Tapi kau dan aku sama-sama tahu bahwa praktik ini tidak akan berhenti sampai baik ular ataupun pawang ular telah punah."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home