Loading...
SAINS
Penulis: BPK PENABUR Jakarta 12:08 WIB | Kamis, 02 Mei 2024

Melatih Paduan Suara untuk Anak Usia Dini? Simak Tipsnya!

Melatih Paduan Suara untuk Anak Usia Dini? Simak Tipsnya!
Paduan Suara TKK 11 PENABUR berlatih (foto : BPKPJakarta)
Melatih Paduan Suara untuk Anak Usia Dini? Simak Tipsnya!
Paduan Suara TKK 11 PENABUR pada saat lomba (foto : BPKPJakarta)
Melatih Paduan Suara untuk Anak Usia Dini? Simak Tipsnya!
Paduan Suara TKK 11 PENABUR berfoto bersama (foto : BPKPJakarta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-“K11 Choir”, paduan suara besutan TKK 11 PENABUR berhasil meraih Gold Diploma pada ajang BEST Student Choir Festival (BSCF) 2024 dengan total skor 89,03. Membawakan lagu berjudul “Terompet & Tanji” dan “Ondel-ondel”, para peserta berhasil memikat perhatian dewan juri dengan suara serta gerak yang menawan.

Unggahan penampilan mereka di media sosial juga menjadi viral dan mengundang rasa penasaran netizen, khususnya tentang bagaimana cara melatih anak-anak usia 4-6 tahun  agar bisa tampil kompak dan memesona sebagai sebuah tim paduan suara.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, Inge Pudjiastuti, guru sekaligus PIC BSCF 2024 TKK 11 PENABUR, membagikan beberapa tips kunci sukses mereka.

  1. Seleksi

Pilih anggota paduan suara yang suka bernyanyi, memiliki kemampuan musikalitas yang cukup dan berkarakter taat.  “Kami melakukan seleksi tahap pertama pada Agustus 2023 untuk kelas K2 dan seleksi tahap kedua di Desember 2023 untuk kelas K1. Sebanyak 34 siswa usia 4-6 tahun terpilih dan mengikuti latihan BSCF 2024. Pada 31 Januari 2024 latihan dimulai dengan pengenalan lagu serta pembagian suara, kemudian Februari 2024 latihan gerak untuk mendukung lagu.” jelas Inge.

  1. Pengenalan Lagu

Pemahaman tentang makna sebuah lagu akan berpengaruh terhadap cara membawakannya. Untuk itu, diperlukan pengenalan lagu, seperti dengan menceritakan makna lagu lewat alat peraga, seperti boneka, gambar, ataupun video. Berikan juga contoh menyanyi dengan nada dan kata-kata yang tepat.

  1. Jaga Mood Anak

Sering menjadi tantangan sebuah paduan suara dengan anggota anak-anak adalah  bagaimana menjaga mood anak. Oleh karena itu, dalam proses latihan perlu diselingi dengan aktivitas bermain, sehingga anak tetap semangat dan bersukacita ketika latihan bernyanyi. Ada baiknya berikan pujian atau reward pada saat anak berhasil menyelesaikan misi.

Elisha Roselyn Tedja dan Annabelle Jelita Putri Layzian, siswa K2 TKK 11 PENABUR, mengaku bahagia menjadi anggota “K11 Choir”. “Aku sangat senang dan bangga bisa jadi juara di BSCF 2024.” tutur mereka.

“Saya sebagai orangtua sangat tersentuh dan bangga, tidak menyangka bahwa anak-anak kami dapat mempertunjukkan penampilan yang luar biasa. Video saat mereka bernyanyi di BSCF 2024 juga saya upload di TikTok dan saat ini sudah ditonton 2,2M dengan jumlah likes 344K. Ternyata banyak yang tertarik dengan penampilan mereka di media sosial.” ungkap Frecilia, orang tua dari Gwen Darlene, siswa K2 TKK 11 PENABUR, yang tak lupa mengucapkan terima kasih kepada guru dan pelatih yang berdedikasi tinggi dalam melatih anak-anak.

Cindy Yap, orang tua dari Celine Wiguna, siswa K2 TKK 11 PENABUR juga turut bersyukur atas pencapaian yang diraih oleh anaknya di BSCF 2024, “Saya salut dengan guru dan pelatih, sungguh bukanlah hal mudah dapat mengajar anak usia dini bernyanyi dengan suara berbeda-beda disertai gerakan nan kompak. Saya yang kerap mengikuti proses latihan anak di rumah juga masih terkesima saat mengingat penampilan mereka di atas panggung kompetisi. Semoga anak-anak dapat kembali meraih prestasi di PICF 2024.” harapnya.

PENABUR International Choir Festival (PICF) 2024 akan digelar pada 7-14 September mendatang di PENABUR International Kelapa Gading dengan mengusung tema “Enhance your well-being through choral singing”.

PICF 2024 memiliki dua kategori yang akan dilombakan. Pertama, school categories terdiri dari Kindergarten, Primary School, Junior High School, dan Senior High School. Kedua, general categories, yaitu Children’s Choir (9-17 tahun), Mixed Youth Choir level A & B (17-23 tahun), Mixed Choir Level A&B dan Equal Voices (di atas 17 tahun), Folklore, Music of Religion, Pop & Jazz Choir,  dan Gospel & Spiritual (tanpa batasan usia), serta Senior Choir (diatas 40 tahun).

Untuk informasi dan registrasi dapat melalui https://www.picf.or.id/  atau menghubungi WhatsApp di 0896-4810-4578 (Dian) atau 0856-4107-2590 (Otniel).

Editor : Eti Artayatini


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home