Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:43 WIB | Selasa, 13 Desember 2016

Peringatan Hari Nusantara Bantu Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Ilustrasi: Tradisi menangkap ikan paus di Lembata, Nusa Tenggara Timur, yang menjadi atraksi pariwisata terkenal. (Foto: Wonderful Indonesia)

LEMBATA, SATUHARAPAN.COM - Peringatan Hari Nusantara 2016 di Lembata, Nusa Tenggara Timur, akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke pulau yang terkenal dengan tradisi menangkap ikan paus tersebut.

"Peringatan Hari Nusantara 2016 yang dilaksanakan di Lembata ini tentunya akan memberikan dampak positif bagi kabupaten ini, khususnya dalam hal pariwisata, mengingat seluruh pejabat dari 34 provinsi hadir di sini," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Ardu Jelamu, saat ditemui di sela-sela peringatan Hari Nusantara di Lembata, Selasa (13/12).

Lembata, menurut dia, mempunyai banyak lokasi pariwisata, termasuk wisata laut dan wisata budaya. Salah satu wisata yang dikenal adalah menangkap ikan paus dengan cara tradisional yang diturunkan secara turun-temurun oleh masyarakat nelayan Lamalera, Kabupaten Lembata.

Di samping itu, pelaksanaan peringatan ini juga akan meningkatkan pendapatan asli daerah karena dalam kegiatan itu dipamerkan sejumlah motif daerah yang tentu saja akan membuat sejumlah pengunjung tertarik untuk membelinya.

"Peringatan ini selain menggerakkan roda perekonomian Lembata, saya yakin juga akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat NTT secara keseluruhan," ujarnya.

Ia meyakini sejumlah pengunjung yang berdatangan ke Lembata nantinya akan mengunjungi sejumlah lokasi wisata di NTT, salah satunya Labuan Bajo yang memiliki banyak destinasi wisata.

Pria yang pernah menjabat sebagai Pelaksana Tugas Bupati Manggarai Barat itu mengharapkan peringatan Hari Nusantara 2016 ini dapat membantu Pemda mendatangkan investor yang lebih banyak agar bisa membangun lebih banyak hotel untuk tempat menginap bagi wisatawan yang datang.

Ia mencontohkan, sebelum Kota Kupang dikunjungi puluhan ribu wartawan pada Hari Pers Nasional beberapa tahun lalu, perhotelan di kota tersebut sangat sedikit. Namun, ketika banyak investor melihat potensi perhotelannya bagus, saat ini jumlah hotel di ibu kota provinsi NTT itu pun terbilang banyak.

"Saya berharap nantinya Lembata juga setelah acara ini banyak investor yang dapat melihat potensi di daerah ini," kata Marius. (Ant)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home