Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:19 WIB | Jumat, 14 November 2014

PGI Pertama Kali Punya Ketua Umum Perempuan, Henriette Lebang

PGI Pertama Kali Punya Ketua Umum Perempuan, Henriette Lebang
Sekretaris Umum Dewan Gereja Asia (Christian Conference of Asia/CCA) Pdt Dr Henriette Hutabarat Lebang di Sidang Raya XVI PGI. (Foto: Alex Japalatu)
PGI Pertama Kali Punya Ketua Umum Perempuan, Henriette Lebang
Gomar Gultom, sekretaris umum PGI periode 2009-2014 yang juga anggota Dewan Redaksi satuharapan.com. (dok. satuharapan.com)

GUNUNGSITOLI, SATUHARAAN.COM – Dalam sidang panitia nominasi Sidang Raya XVI Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Jumat (14/11) Henriette Hutabarat Lebang terpilih menjadi Ketua Umum periode 2014-2019. Gomar Gultom menjadi sekretaris umum.

Perempuan yang akrab dipanggil Eri ini adalah utusan dari Gereja Kristen Toraja. Berarti untuk pertama kali sejak didirikan pada 1950, PGI punya ketua umum perempuan. Saat ini Eri masih menjabat sebagai sekretaris umum Dewan Gereja Asia (Christian Conference of Asia/CCA). Di CCA Eri akan menyelesaikan tugasnya Oktober 2015 pada saat Sidang Raya CCA di Jakarta.

Dalam pemungutan suara yang diadakan di Training Center RSUD Gunungsitoli, Eri memperoleh 66 suara. Sedangkan, kandidat lain: Richard Daulay (Gereja Metodis Indonesia) memperoleh 23 suara, John Ruhulesin (Gereja Protestan Maluku) 23 suara, Albertus Patty (Gereja Kristen Indonesia) 11 suara, dan Langsung Sitorus (Huria Kristen Indonesia) 2 suara.

Pada pemilihan sekum, Gomar Gultom,  dari Huria Kristen Batak Protestan dan sekum periode 2009-2014, memperoleh 99 suara. Kandidat lain, Nus M. Liur (Gereja Kristen Oikoumene) memperoleh 6 suara, Lisye Sumampow (Gereja Masehi Injili di Minahasa) 4 suara, dan Tuhoni Telaumbanua (Banua Niha Keriso Protestan) 16 suara.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home