Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:32 WIB | Kamis, 21 Agustus 2014

Piala Dunia Putri U-20: Nigeria Akan Jumpa Jerman di Final

Piala Dunia Putri U-20: Nigeria Akan Jumpa Jerman di Final
Para pesepak bola putri Nigeria meluapkan kegembiraaan antara lain Yetunde Aluko, Loveth Ayila, Gladys Abasi, dan Yetunde Adeboyejo seusai memenangkan pertandingan menghadapi Korea Utara. (Foto-foto: fifa.com).
Piala Dunia Putri U-20: Nigeria Akan Jumpa Jerman di Final
Kim Hyang Mi (kaus merah, Korut) lepas dari hadangan COurtney Dike (kaus putih, Nigeria).
Piala Dunia Putri U-20: Nigeria Akan Jumpa Jerman di Final
Para pemain Jerman saat menghadapi Prancis.
Piala Dunia Putri U-20: Nigeria Akan Jumpa Jerman di Final
Eve Perisset (gelandang Prancis, kaus biru) menghadang pergerakan Theresa Panfil (Jerman, kaus putih).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM – Para pesepak bola putri usia di bawah 20 tahun (U-20) Nigeria lolos ke partai puncak Piala Dunia Putri yang berlangsung di Kanada. Kepastian ini mereka raih usai di semi final yang berlangsung Kamis (21/8) pagi WIB menumbangkan Korea Utara dengan skor telak 6-2, pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Moncton, Kanada.

Nigeria tampil dengan permainan cepat, terbukti mereka mampu unggul pada menit kedua, setelah bola panjang yang disodorkan gelandang Nigeria, Asisat Oshoala menemui Courtney Dike tidak mampu ditahan bek Korut, Kyong Hui dan Sol Gyong.

Dari luar kotak penalti, Dike menang dalam perebutan bola dan si kulit bundar bergulir tanpa dapat dihadang penjaga gawang Korut, Kim Chol Ok.

Asisat Oshoala menambah gol bagi Korut menit ke-22, akan tetapi keunggulan Korut tidak berlangsung lama

Ri Un Sim, penyerang Korut sempat memperkecil kedudukan menjadi 1-2 setelah menerima bola hasil sodoran rekannya, Jo Yoo Soon menit ke-24. Babak pertama Nigeria masih bermain kesetanan dengan menciptakan beberapa peluang lainnya lagi, salah satunya adalah yang terjadi menit ke-40 saat kerja sama antara Uchechi dan Courtney Dike hampir saja menghasilkan gol ketiga bagi tim dari benua Afrika tersebut, akan tetapi bola Dike masih menyamping di gawang Korut yang dijaga Kim Chol Ok.

Pada babak kedua, Uchechi Sunday menambah keunggulan Nigeria. Gol terjadi atas kerja sama Uchechi dan Oshoala saat keduanya saling mengoper bola dari di lini tengah. Uchechi yang melihat penjaga gawang Korut berada di posisi di luar gawang, langsung menembak bola dari luar kotak penalti sehingga Chol Ok di bawah mistar gawang Korut hanya terdiam.

Oshoala kemudian memperbesar keunggulan Nigeria menjadi empat gol. Korut memiliki secercah harapan dua menit kemudian ketika Ugo Njoku tidak sengaja menyentuh bola di kotak penalti. Akibatnya Korut berhasil mencetak gol lewat titik penalti yang dicetak Jon So Yon.

Nigeria memperlebar kemenangan menjadi 2-5 pada menit ke-68 lewat Oshoala. Negara berjuluk Elang Hijau ini belum habis karena penyerang yang sehari-hari bermain di klub sepak bola River Angels ini menggenapi kemenangan Nigeria dengan gol menit ke-90.

Pada pertandingan perempat final sebelumnya, Nigeria juga meraih kemenangan telak yakni dengan skor 4-1 atas Selandia Baru.

Peter Dedevbo pelatih Nigeria seusai pertandingan menyatakan kunci kemenangan saat menghadapi Korut adalah gol cepat.

“Saya yakin Korea Utara tidak lebih baik dari Piala Dunia sebelumnya, walau mereka sempat juara. Saya yakin kami akan menang. Sekarang kita berada di final dan, siapa lawan kita akan, kami tidak takut pada mereka,” kata Dedevbo.

Dedevbo menambahkan bahwa sejak awal mereka jangan takut dengan lawan manapun.

“Sejak awal, saya telah membentuk tim menjadi pribadi yang matang.dan saya yakin pesepak bolal memiliki kecerdasan membuat perbedaan seperti Azizat Oshoala (salah satu gelandang Nigeria),” lanjut Dededvbo.

Oshoala mencetak empat gol bagi Nigeria, dan berposisi sebagai gelandang bertahan.

Jerman, Lawan Nigeria di Partai Final

Pada partai final, Nigeria akan berhadapan dengan Jerman. Kepastian ini terjadi karena Jerman mengalahkan Prancis dengan skor tipis 2-1.

Jerman unggul pada menit ke-12 lewat gol dari Paulina Bremer, kemudian Prancis sempat menebar ancaman saat menyamakan kedudukan menit ke-45 dari Mbock Bathy.

Gol kemenangan Jerman tercipta menit ke-81 dari Lena Petermann. Seusai pertandingan, pelatih Prancis, Gilles Eyquem mengatakan pertandingan ini berkelas dunia.

“Kedudukan 2-1 adalah hasil yang wajar, saya tahu bahwa kedua negara memiliki kualitas sepak bola yang baik, mereka merupakan negara yang baik, dan memenangkan pertandingan dengan cepat,” kata Eyquem.

Partai final Jerman menghadapi Nigeria akan berlangsung Senin (25/8) pagi WIB di Stadion Olimpiade, Montreal. Beberapa jam sebelumnya Prancis akan menghadapi Korea Utara dalam partai perebutan juara ketiga dan keempat. (fifa.com).

Editor : Bayu Probo

Back to Home